6.5.24

ESSAY 1_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH RAMA YUDHA PERWIRA


 MERINGKAS JURNAL TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen pengampu Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Essai 1

 

Rama Yudha Perwira (22310410152)

Kelas SP

Judul

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah di Bank Sampah

Sumber

Wegi Trio Putra, Ismaniar Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Permasalahan

Bagaimana pemberdayaan Masyarakat melalui pengelolaan sampah di bank sampah dilakukan dengan latar belakang meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Bank Sampah Panca Daya Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Tujuan Penelitian

Mengetahui bagaimana proses pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah oleh pengelola Bank Sampah Panca Daya Kecamatan Kuranji Kota Padang

Isi

Pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di bank sampah panca daya Kecamatan Kuranji Kota Padang didorong oleh meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mengelola bank sampah tersebut. Pemberdayaan masyarakat tersebut diberikan kepada masyarakat yang tidak berdaya dan masyarakat yang sudah memiliki daya. Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan sampah rumah tangga menjadi kerajinan dan bernilai ekonomi.

 

Metode

Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil

Berdasarkan proses pengumpulan data yang dilaksanakan, hasil dari penelitian pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Bank Sampah Panca Daya Kecamatan Kuranji Kota Padang yaitu bank sampah memberikan layanan sosial seperti memahami tujuan, struktur, manajemen, dan metode pengumpulan bank. Ia juga memberikan pendidikan kepada masyarakat melalui pengetahuan, pelatihan, dan dukungan. Selain itu juga memberikan bimbingan dan dukungan kepada masyarakat dengan memfasilitasi partisipasi mereka dalam pengembangan budaya bank dan menumbuhkan kreativitasnya. Bank Sampah juga membina hubungan baik dengan masyarakat melalui komunikasi yang efektif, seperti melalui whatsapp dan menyelenggarakan lokakarya, acara, dan bazar.

Kesimpulan

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Bank Sampah Panca Daya di Kecamatan Kuranji Kota Padang berhasil memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah. Proses pemberdayaan meliputi 5 tahapan yaitu Pemberdayaan, Penguatan, Perlindungan, Dukungan, dan Pemeliharaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang tepat, penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana bank sampah memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan sampah. Melalui penerapan proses penyadaran, edukasi, bimbingan, dan dukungan yang diberikan kepada masyarakat, diharapkan kesadaran dan kemandirian dalam pengelolaan sampah akan terus meningkat.



0 komentar:

Posting Komentar