7.5.24

ESSAY 1_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH AMIEN WAHYUDI

 

MERINGKAS JURNAL TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Tugas Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Nama Mahasiswa Amien Wahyudi NIM 22310410190

Kelas : SP


I.  KAJIAN/ISU UTAMA: KAJIAN BANK SAMPAH

a. Judul  Jurnal : Peran Bank Sampah Dalam Meningkatkan Pendapatan Ibu Rumah Tangga di

Desa Sait Buttu Kec. Pematang Sidamanik

 

II. PENDAHULUAN

2.1.Tujuan Penelitian

 Riset : Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan cara mengelola sampah dengan baik.

 

III METODOLOGI RISET

Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah dengan meningkatkan kesadaran dan memantapkan niat, baik bagi pengelola bank sampah maupun para ibu rumah tangga untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan bank sampah Simpatik.

 

1V. HASIL RISET

Kajian Utama Riset:  Pada akhir program ini diharapkan masyarakat menyadari bahwa sampah juga dapat memberikan manfaat dan meningkatkan pendapatan, dan pengelola bank sampah dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Ketika sampah telah dapat terorganisir  dengan  baik,  maka kesehatan masyarakat pun akan tetap terjaga, sehingga perekonomian masyarakat  tidak  terganggu. Keberadaan bank sampah “Simpatik” juga memberikan pengaruh positif terhadap ekonomi ibu rumah tangga khususnya. Hal ini dikarenakan sampah yang   disetorkan   akan   dibayar   oleh pihak bank sampah dalam bentuk tabungan. Kemudian sampah yang disetor akan diolah kembali oleh pengelola bank sampah dan menjadi produk yang layak untuk dijual. Sehingga perekonomian para ibu rumah tangga di desa Sait Buttu dapat terbantu.Bank sampah sama halnya dengan bank-bank lain seperti bank yang mengelola keuangan, maka hendaknya struktur organisasi bank sampahpun  seharusnya  bisa disamakan dengan bank- bank yang lain, seperti direktur, teller, customer service, marketing dan lain-lain.

 

VI. KESIMPULAN  RISET

6.1 Kesimpulan Sampah merupakan masalah yang tidak akan pernah ada habis- habisnya dan yang biasanya menghasilkan sampah  setiap  harinya adalah  rumah tangga. Para ibu rumah tangga akan mengahasilkan sampah setiap hari dikarenakan aktivtas rumah tangga akan berjalan secara terus menerus, untuk itulah objek dari penelitian ini adalah ibu rumah tangga.   Ketika   keberadaan   sampah   di tengah masyarakat tidak diperhatikan maka akan timbul berbagai masalah antara lain masalah kesehatan yang otomatis akan mengganggu masalah perekonomian keluarga.

 

 


0 komentar:

Posting Komentar