3.5.24

Esai 4 perilaku inovatif

 Mata kuliah : Psikologi Industri Dan Organisasi

Tugas : Esai 3 perilaku inovatif


Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA


Limbah plastic adalah limbah yang paling banyak dijumpai baik dirumah maupun dikos. Khususnya kantung plastic, botol bekas, dll, jika kita tidak bisa untuk memanfaatkannya menjadi barang yang bisa digunakan kembali maka sampah plastic akan semakin banyak dan akan semakin menumpuk disekitar. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun untuk dapat terurai secara alami. Sayangnya, plastik bukannya terurai dan kembali melainkan berubah menjadi bentuk yang lebih kecil dan disebut dengan mikroplastik.


Jika kalian memiliki sampah plastic ada baiknya sebelum dibuang sebisa mungkin kita daur ulang kembali menjadi kerajinan yang menarik dan aestetik. Dengan sedikit sentuhan tanganmu limbah plastic yang kalian anggap tidak berguna bisa saja menjadi lebih bermanfaat seperti tas. 

Kali ini saya melakukan daur ulang limbah plastic menjadi sebuah produk yang menarik dan bernilai jual tinggi tentunya dengan mengubah limbah plastic menjadi sebuah tas yang bisa digunakan untuk kepasar. Sehingga hal ini dapat membantu saya dan juga lingkungan saya dalam mengurangi sampah plastic.

Berikut bahan yang saya gunakan untuk mengolah limbah plastic ini yaitu :

Kantong plastic

Bungkus molto

Tusuk sate

Botol sambal

Gunting

Lem glukol

Isolasi

Gunting

Tali plastik 

Langkah-langkah pembuatan sebagai berikut :

Memilah barang yang masih layak untuk didaur ulang menjadi bunga. 

Membentuk desain kantong plastic dan bungkus molto menjadi bunga

Merekatkan bunga dengan tusuk sate sebagai batangnya dengan menggunakan isolasi dan lem glukol

Untuk finishingnya, saya menambahkan bunga saya dengan daun dan batu yang berguna untuk penyanggah bunga didalam vas bunga

Pengecekan hasilnya dengan merapikan beberapa bagian kelopak bunga yang belum rapi

Untuk media pemasarannya saya memasarkan nya kepada orang terdekat saya terlebih dahulu kemudian mempostingnya dimedia sosial saya seperti Instagram.

Kita semua adalah seseorang yang tidak lepas dari plastic maka dari itu kita bertanggung jawab untuk mengubah plastic menjadi suatu barang yang lebih berguna dan tentunya mengurangi pemakaian plastic secara perlahan.


Lampiran

https://www.instagram.com/p/C6f0RAMSyfF/?igsh=MWI2a3F6ZGg5ZGVrNA==










0 komentar:

Posting Komentar