3.5.24

Esai 3 wawancara

 Mata kuliah : Psikologi Industri Dan Organisasi

Tugas : Esai 3 wawancara


Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA



membuktikan kinerja karyawan tergantung pada kemauan dan juga keterbukaan karyawan itu sendiri dengan dirinya dan orang lain dalam melakukan pekerjaannya. Selanjutnya dia menyatakan adanya kemauan dan keterbukaan karyawan dalam menjalankan tugasnya, dapat meningkatkan produktivitas karyawan yang juga berujung pada kinerja.(Naharuddin dan Sadegi 2013)

Wawancara dilakukan agar bertujuan untuk mengetahui setiap aspek dari hambatan kerja dan usaha-usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Wawancara dilakukan pada hari Minggu, 29 april 2024 di rumah. 

Fatim adalah seorang karyawan yang bekerja pada Perusahaan kelapa sawit kurang lebih selama 2th. Sejak bergabung menjadi seorang accounting, fatim telah berusaha untuk memberikan peforma terbaiknya di Perusahaan tersebut. Dengan divisinya sebagai seorang accounting, fatim memiliki tanggung jawab untuk mengelola keuangan, pembukuan, dan memastikan bahwa system keuangan diPerusahaan berjalan dengan lancer tanpa minus sedikitpun. 

Selama menjadi seorang accounting, fatim pernah mengalami beberapa masalah terutama menemukan kasus penyelundupan uang dan barang yang dilakukan oleh rekan kerjanya sendiri. Menyadari hal tersebut fatim berpikir bahwa harus melaporkan kejadian tersebut kepada bagian HRD, dimana yang bertanggung jawab sebagai pengelola sumber daya manusia. Setelah kejadian tersebut, fatim lebih berhati-hati lagi dalam mengelola keuangan Perusahaan dengan membuat pembukuan secara rangkap dan mencatat semua barang yang masuk dan keluar untuk menghindari beberapa hal yang tidak di inginkan termasuk dengan penyelundupan uang maupun barang. 

Untuk meningkatkan keterampilannya, fatim kemudian mengikuti beberapa Kursus ataupun pelatihan dibidang accounting untuk meningkatkan skillnya agar lebih professional. Terkadang fatim juga sering di berikan tanggung jawab untuk menghadiri beberapa acara penting diperusahaan karena fatim dianggap sebagai karyawan yang cukup berprestasi.


Daftar Pustaka 

Julianry, A., Syarief, R., & Affandi, M. J. (2017). Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap kinerja karyawan serta kinerja organisasi kementerian komunikasi dan informatika. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 3(2), 236-236.

Lestary, L., & Chaniago, H. (2017). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(2), 94-103.

0 komentar:

Posting Komentar