1.5.24

Esai 3 (David) : Wawancara tentang Work Performance

 Tugas Esai 3 : Wawancara tentang Work Performance

Narasumber : Rara (Nama samaran)

Jabatan : Karyawan Marketing

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA


David A. Laurent (23310410017)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kualitas kehidupan kerja mengacu pada keadaan menyenangkan atau tidak lingkungan kerja bagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Hal yang utama dari kualitas kehidupan kerja adalah dampaknya bagi individu tersebut yaitu pekerjaan dapat menyebabkan orang menjadi lebih baik bukan orang-orang dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik. Kualitas kehidupan kerja yang tinggi meliputi perasaan positif terhadap pekerjaannya karena suatu motivasi menunjukkan pekerjaan dan suatu keseimbangan yang baik antara kehidupan dan nilai-nilai pribadi serta terpenuhi kebutuhannya.

Profil Karyawan:

Karyawan yang diwawancarai adalah Rara. Rara bekerja sebagai karyawan marketing produk di perusahaan kecantikan. Rara sudah bekerja selama 3 (tiga) tahun dan memiliki latar belakang pengalaman kerja yang serupa dalam marketing produk yang lain. Rara dikenal sebagai karyawan yang rajin, produktif, dan berkontribusi besar di perusahaan.

Motivasi Kerja

Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kinerja karyawan. Terkait dengan pendapat tersebut, seseorang yang termotivasi untuk bekerja maka kinerja yang dihasilkan akan optimal. Dari sisi psikologis menunjukkan bahwa gairah atau ketidaksemangatan seorang pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya sangat dipengaruhi oleh motivasi kerja yang mendorongnya. Dengan kata lain, setiap pekerjaan memerlukan motivasi yang kuat agar bersedia melaksanakan pekerjaan dan mampu menciptakan kinerja yang tinggi secara bersemangat, bergairah, dan berdedikasi.

Setelah melakukan wawancara kepada Rara, beliau menjelaskan beberapa alasan yang membuatnya termotivasi untuk bekerja aktif di perusahaan. Alasan utamanya adalah Rara ingin selalu meng-upgrade pengetahuan dan wawasannya terkait hal-hal baru apa saja yang ia temukan di dalam perusahaan. Selain itu, mendapat rekan kerja dan atasan yang suportif juga membuat dirinya termotivasi untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Kepuasan Kerja

             Kepuasan kerja adalah bentuk ungkapan perasaan dalam diri seseorang terhadap pekerjaannya. Kepuasaan kerja adalah sikap emosional berupa perasaan yang berawal dalam diri seseorang menyenangi dan mencintai pekerjaannya. Kepuasan kerja mengacu pada sikap dalam diri individu terhadap pekerjaannya. Kepuasan kerja akan membentuk kinerja karyawan dalam bekerja, sehingga dengan membentuk budaya kerja yang baik dengan memberikan rasa nyaman dalam lingkungan dan memiliki kualitas kehidupan kerja yang baik untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan tepat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.

Menurut Rara, keberhasilan dalam menyelesaikan beberapa project yang berskala besar membuat ia merasa bangga yang luar biasa. Selain itu, pengakuan dari atasan Rara setelah memberikannya project besar dan flektibilitas waktu kerja serta kesempatan untuk bekerja dari rumah (work form home) juga meningkatkan tingkat kepuasan Rara.

Permasalahan Kerja

Salah satu masalah yang beberapa kali Rara hadapi adalah adanya pressure waktu yang tergolong cukup tinggi dimana perusahaan kerap kali memiliki deadline project yang cukup singkat dan hal ini membuat Rara terkadang merasa burnout.

Solusi Pekerjaan

Dalam mengatasi permasalahan di atas, Rara mencoba untuk melakukan time management yang baik dan membuat skala prioritas jobdesc untuk membantu mengatur Rara dalam menyelesaikan pekerjaannya setiap hari dan Rara selalu mengkomunikasikan ke beberapa pihak yang bersangkutan dengan transparan apabila ada hambatan dalam menyelesaikan project.

 

Daftar Pustaka

Helmiatin, (2013) Implementasi Kualitas Kehidupan Kerja (Quality of Work Life) Dalam Mempertahankan Karyawan Dan Meningkatkan Produktivitas. Diakses dari https://repository.ut.ac.id


0 komentar:

Posting Komentar