1.5.24

Esai 2 (David) : Meringkas Jurnal Work Performance

 Tugas Esai 2 : Meringkas Jurnal Work Performance

Judul Jurnal : Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja Pegawai

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA


David A. Laurent (23310410017)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Penilaian Prestasi, Motivasi Kerja / Kinerja

Sumber

Nuraini. (2021)

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Kerja Pegawai

YUME : Journal of Management, 4(3), 653-672

Permasalah

Kompensasi merupakan salah satu fungsi yang penting dalam manajemen sumber daya manusia. Karena kompensasi merupakan salah satu aspek yang paling sensitif di dalam hubungan kerja. Kasus yang terjadi dalam hubungan kerja mengandung masalah kompensasi dan berbagai segi yang terkait seperti tunjangan, kenaikan kompensasi, struktur kompensasi, dan skala kompensasi. Kompensasi merupakan kontra prestasi terhadap penggunaan tenaga atau jasa yang telah diberikan oleh tenaga kerja dan kompensasi merupakan jumlah paket yang ditawarkan organisasi kepada pekerja sebagai imbalan atas penggunaan tenaga kerja.

 

Tujuan

Penilaian prestasi merupakan sebuah formal untuk melakukan peninjauan kembali dan evaluasi prestasi kerja pegawai secara periodik. Tujuan ini memerlukan proses yaitu serangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Penilaian prestasi kerja pegawai sangat penting untuk mengevaluasi sejauh mana pegawai tersebut telah melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dan prestasi kerja dapat dilakukan dengan meningkatkan pendidikan dan pengetahuan pegawai yang diwujudkan dalam berbagai bentuk nyata seperti pemberian pelatihan, mengadakan seminar-seminar, pemberian kursus keterampilan, dan lain-lain. Penilaian prestasi kerja dapat menjadi cara untuk membantu individu mengolah prestasinya dan prestasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang tergantung pada tujuan masing-masing organisasi. Prestasi sering dihubungkan dengan tingkat produktivitas yang menunjukkan ratio input dan output dalam organisasi dan bahkan dilihat dari sudut preestasi dengan kualitas output yang dihasilkan oleh pegawai pendidikan berdasarkan beberapa standar yang telah ditetapkan sebelumnya oleh organisasi yang bersangkutan.

 

Isi

Manajemen merupakan salah satu kunci kesuksesan suatu organisasi dalam mengembang amanah visi dan misi, yang dimana dalam hal ini kemampuan sumber daya manusia tentunya sangat terkait dengan pendidikan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pegawai. Dengan demikian, hal ini perlu mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh sehingga organisasi dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama.

 

Prestasi kerja adalah aktivitas yang berkaitan dengan unsur-unsur yang terlibat dalam suatu proses untuk menghasilkan sesuatu (output). Para ahli memberikan batasan tentang prestasi kerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan kepadanya.

 

Metode

Peranan pendidikan dan pelatihan sangat besar untuk membekali karyawan agar lebih kreatif dalam pencapaian tujuan organisasi. Semakin baik program pendidikan dan pelatihan yang dilakukan oleh pengelola organisasi, maka semakin terampil karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Selain itu, disiplin kerja juga merupakan strategi untuk meningkatkan prestasi kerja pegawai yang pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk menumbuhkan kesadaran bagi para pekerjaannya untuk melakukan tugas yang telah dibebankan yang dimana pembentukannya tidak timbul dengan sendirinya. Akan tetapi, harus dibentuk oleh pendidikan formal maupun non-formal.

 

Hasil

Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan antara lain ditentukan oleh faktor disiplin kerja pegawai yang memiliki sikap dan perilaku yang baik dan benar dalam mematuhi semua warna kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, disiplin pegawai merupakan perwujudan kepatuhan dan ketaatan kepada hukum dan pegawai akan berusaha untuk mengurangi segala bentuk pelanggaran sesuai peraturan yang berlaku pada organisasi.

 

Diskusi

Prestasi kinerja sangat penting dalam keorganisasian, meliputi berbagai faktor, salah satunya faktor kedisiplinan yang harus perkuat untuk mencapai tujuan yang sejahtera.

 


0 komentar:

Posting Komentar