6.5.24

EESAY 2_PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH NAWANG APRILIANO TEGAR S.

 

Tugas essay 2 “Plogging”

Menjaga kesehatan tubuh disertai menjaga kebersihan lingkungan

 

 Dosen :

Dr., Dra. Arundati Shinta M A

Disusun oleh :

Nawang Apriliano Tegar Saputra

NIM: 22310410136 

PROGRAM PENDIDIKAN PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2024

PENDAHULUAN

         Olahraga merupakan sebuh upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga Kesehatan serta kebugaran tubuh. Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan berbagai cara tentunya. Salah satu contoh kegiatan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan yaitu jogging. Jogging adalah suatu bentuk berlari dengan kecepatan lambat atau santai. Lari laun bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani dengan lebih sedikit tekanan pada tubuh atau mempertahankan kecepatan yang tetap untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain menjaga Kesehatan tubuh kita juga harus dapat menjaga kebersihan lingkungan, karena kesehatan berasal dari lingkungan yang bersih pula. Kedua hal tersebut dapat dilakukan secara bersamaan dengan melalukan kegiatan plogging.

     Plogging adalah olahraga lari yang populer di Swedia. Kata Plogging sendiri diambil dari kombinasi antara kata “jogging” dan istilah Swedia, “plocka upp”, yang artinya mengambil. Plogging kemudian dikenal sebagai olahraga lari sambil memunguti sampah di sekitar. Olahraga ini digagas oleh seorang ahli lingkungan bernama Erik Ahlstrom yang tergerak untuk membersihkan kota Stockholm di Swedia. Menurut Ahlstrom, Stockholm saat itu kotor dan mirip seperti tempat pembuangan sampah. Masyarakat Swedia pun mulai ramai mempraktikkan Plogging pada 2016.

         Plogging, sebagaimana olahraga lainnya, dapat membantu pembakaran kalori di dalam tubuh. Namun bedanya, aktivitas berlari yang diiringi dengan membungkukkan badan untuk mengambil sampah nyatanya mampu meningkatkan efektivitas pembakaran kalori tersebut. Tentunya, dengan melakukan Plogging secara berkala, kesehatan dan kebugaran tubuh dapat terjaga pada tingkat yang baik. Manfaat ekstra dari Plogging adalah lestarinya lingkungan di sekitar. Sampah, apapun jenisnya, adalah masalah global yang harus menjadi perhatian khusus bagi setiap individu di bumi. Terang saja, lingkungan yang kotor dan dipenuhi sampah akan berpengaruh pada kesehatan . Maka dari itu, Plogging sebagai misi sosial untuk membersihkan lingkungan dari sampah, bisa membuat tubuh bisa menjadi lebih sehat.

 

 

 

 

PEMBAHASAN

PLOGGING 1

             Kegiatan Plogging pertama saya lakukan adalah saat saya jogging pada tanggal 15 April 2024 waktu itu pukul 07.00 Pagi di Lapangan Voli Wedomartani. Tempat tersebut pada sore hari sering ramai oleh anak-anak untuk bermain voli. Sayang sekali pada saat saya jogging masih banyak sampah plastik makan yang hanya dibakar. Melihat hal itu saya berinisiatif memunguti sampah botol dan plastik sembari jogging. Sampah-sampah yang Sebagian besar berupa plastik, botol dan wadah makan sekali pakai saya kumpulkan. Pada pukul 08.00 semua sampah telah dikumpulkan kemudian saya bawa pulang kerumah untuk dikumpulkan di tempat penyimpanan sampah di kampung saya agar dapat dijual untuk kas pemuda.

PLOGGING 2

          Kegiatan Plogging kedua saya adalah pada tanggal 20 April 2024 pada pukul 16.00 sampai pukul 17.00 sore hari mengelilingi kampung saya. Saat saya jogging di area tersebut banyak sekali ditemukan sampah-sampah yang mayoritas plastik-plastik dan botol plastik yang berserakan dipinggir jalan. Padahal jika dikumpulkan dapat membantu pemuda untuk mengembangkan organisasi. Melihat hal tersebut saya langsung inisiatif meminta kantong sampah kepada warga setempat dan memunguti sampah yang berserakan lalu saya bawa pulang untuk saya kumpulkan ditempat pentimpanan sampah di kampung saya.

 

KESIMPULAN

         Hasil dari dilakukanya kegiatan plogging selain menjadikan badan menjadi sehat namun juga menjadikan lingkungan sekitar menjadi lebih bersih. Kegiatan tersebut dapat memotivasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh serta kebersihan lingkungan. Karena dengan jogging dan disertai dengan memungut sampah sudah bisa mendapatkan dua manfaat dalam satu waktu, seperti tubuh menjadi sehat dan dapat mengurangi sampah sampah yang ada di jalan khususnya sampah plastik.


0 komentar:

Posting Komentar