30.4.24

ESSAY 1_ PSIKOLOGI LINGKUNGAN OLEH ELLENIA IKA APRILLIANI

 

 Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwang


Mata Kuliah Psikologi Lingkungan

Dosen : Dr. Arundati Shinta, MA





Penulis : Ellenia Ika Aprilliani (22310410174)


PROGAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


 

Topik

Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi

Nama Jurnal

Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat 13 (1), 47-57, 2022. https://jurnal.fkm.untad.ac.id/index.php/preventif 

Tahun Terbit

2022

Penulis

Desi Natalia, M., Yudha Nur, I., Diansanto Prayoga

Pendahuluan

Sampah saat ini menjadi masalah yang masih harus dihadapi oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. Menurut world health organization (WHO), sampah adalah suatu yang sudah tidak digunakan kembali, tidak disenangi dan suatu barang yang sudah dibuang tindakan yang dilakukan oleh manusia. Keberadaan sampah di kehidupan sehari-hari manusia tidak terlepas dari perilaku manusia yang membuang sampah secara sembarangan. Tindakan yang dilakukan merupakan perilaku yang tidak mengenal tingkat pendidikan maupun sosial. Akibat dari perilaku manusia yang tidak bertanggungjawab menyebabkan kerusakan lingkungan. Terdapat tiga faktor utama yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang, yaitu faktor yang pertama adalah faktor predisposisi yang disebabkan oleh pengetahuan, sikap, pendidikan, kepercayaan, dan ekonomi. Kedua faktor pendukung yang disebabkan oleh sarana dan prasarana serta sosialisasi, yang ketiga adalah faktor pendorong yaitu kebijakan pemerintahan setempat. 

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab perilaku membuang sampah sembarangan pada masyarakat.

Metode 

Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan serentak oleh masyarakat di desa Kluncing. Metode pengambilan data dilakukan dengan indepeth interview, serta desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional.

Hasil 

Pada penelitian analisis penyebab perilaku buang sampah sembarangan pada masyarakat desa Kluncing, mendapatkan hasil bahwa terdapat faktor yang menyebabkan masyarakat membuang sampah sembarangan. Faktor yang pertama, faktor predisposisi karena rendahnya tingkat pendidikan, yang kedua faktor penguat karena kurang tindakan untuk menyadarkan masyarakat, faktor yang ketiga faktor pemungkin adalah karena belum tersedianya lahan yang luas sebagai tempat pembuangan sampah dan belum ada tempat sampah di rumah warga. 

Pembahasan 

Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama karena kurangnya tingkat kesadaran atau pendidikan yang rendah yang berdampak pada masyarakat sehingga terbiasa membuang sampah sembarangan, yang kedua karena kurangnya dukungan dari perangkat desa dalam sosialisasi dan pengelolaan sampah, faktor selanjutnya tidak tersedianya saran dan prasarana tempat pembuangan sampah yang layak. Mayoritas masyarakat memiliki tingkat pendidikan yang rendah yaitu sekolah dasar (SD), maka hal ini yang menyebabkan rendahnya pengetahuan mengenai pengelolaan sampah sehingga menjadi dampak pada rendahnya kesadaran masyarakat di desa Kluncing dalam pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah biasanya bisa dilakukan di lingkungan masyarakat dengan pembiasaan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, dan proses daur ulang material sampah. Oleh karena itu, pendidikan yang rendah juga bisa menyebabkan kurangnya tidak kesadaran dan pengetahuan pentingnya melakukan pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat. Namun, jika hal itu kurang dukungan dari perangkat desa untuk melakukan pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat maka kegiatan tidak akan berjalan dengan baik. Kurangnya dukungan dari perangkat desa dapat dilihat dari kebijakan pengolahan sampah di desa, dan kurangnya sosialisai kepada masyarakat. Selain itu juga karena sarana dan prasarana yang kurang memadahi menyembabkan masyarakat membuang sampah sembarangan, hal itu karena tidak disediakan saran dan prasarana yang cukup. Sehingga masyarakat membuang sampah sembarangan di Sungai.  

Kesimpulan 

Perilaku membuang sampah sembarangan sangat mempunyai potensi yang sangat buruk, bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan dan memberikan pengaruh pada kondisi kesahatan masyarakat.

Saran

Meningkatkan sosialisasi serta penyuluhan mengenai pengolahan sampah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat terkait pentingnya pengelolaan sampah. 


0 komentar:

Posting Komentar