26.3.24

Tugas Esai 1 - Meringkas Film di Youtube

 TUGAS ESAI 1

MERINGKAS FILM DARI YOUTUBE

SNOWDEN

MATA KULIAH PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI 


Nama : Gladys Melisande Renata

Nim : 23310410015

Kelas : Reguler 23

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI 

FAKULTAS PSIKOLOGI 

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

TAHUN 2024


Topik : 

Dalam film snowden menceritakan tentang kisah kehidupan snowden yang mempunyai tekat pejuang yang besar untuk meretas dan mengumpulkan data rahasia yang sangat penting bagi negara. Dan dia berhasil untuk mempublish dirinya sebagai peretas yang handal, dari situ snowden mempunyai peran penting untuk mendidik orang-orang Amerika Serikat untuk lebih waspada terhadap pengintai yang tidak terlihat.


Sumber :

Snowden - Durasi 2:14:50 - https://youtu.be/QboFl02P_10?si=2TrnXrHLGn4ulLe7


Ringkasan Film : 

Film Snowden ini mengisahkan perjuangan untuk negaranya. Di usia 29 tahun snowden bekerja sebagai konsultan kontrak di NSA, juga sebagai konsultan kontrak di CIA. Snowden juga mengikuti pekerjaan industri intelijen selama 9 tahun, sebagai teknisi sistem, pernah juga sebagai konsultan bidang solusi, juga sebagai penasihat senior CIA. Ternyata snowden ini tidak lulus dari SMA, dikarenakan orang tua snowden pisah dan snowden harus mencari uang untuk keseharian nya. Tetapi snowden ini memiliki nilai yang sangat tinggi dibidang militernya, mampu berbahasa asing juga lalu snowden paham dalam bidang IT atau semacam data-data teknologi. 

Snowden masuk di CIA karena dia ingin melatih skill nya lagi untuk mendapatkan data-data yang dia cari. Setalah masuk di CIA snowden pun menjadi murid kesayangan CIA sampai snowden dikirimkan ke berbagai negara untuk bekerja disana dan membantu akses-akses yang ada. Snowden pun sangat senang hati karena dia bisa tau akses apa yang dipakai negara-negara lainya. Jangan salah snowden selama bekerja di luar negeri, snowden selalu dipantau oleh CIA jadi semua yang dilakukan snowden pihak CIA tau. Snowden memiliki kekasih, dan kekasih snowden ini mendukung sama apa yang lagi dikerjakan oleh snowden. Bahkan kekasihnya snowden membantu snowden untuk mempromosikan dirinya. Snowden ngerti kalau setiap negara ada akses kamera tersembunyi untuk memantau apa yang dilakukan orang-orang atau masyatakat. Snowden memutuskan untuk menutup kamera laptop dan komputer yang ada di tempat tinggal snowden dan kekasihnya.

Singkat waktu tiba-tiba snowden tidak lagi melanjutkan di CIA, karena dia berfikir bahwa dia tidak sanggup lagi untuk melanjutkan nya. Dilain waktu snowden dan kekasih nya berkelahi karena mereka berdua jadi tidak bisa melakukan hal yanh mereka biasanya lakukan, dan itu membuat kekasih snowden marah dan kabur dari tempat tinggal mereka. Disitu kehidupan snowden menjadi sepi, hilang harapan dan tidak berwarna. Setelah 3 bulan snowden memutuskan untuk menghampiri pacar nya dan meminta maaf dan berjanji tidak akan melakukan hal yang dimasa lalu. Mereka berdua pun menjalani kehidupannya dengan bahagia dan snowden memutuskan untuk bergabung lagi dengan CIA. Lalu snowden pun dikirim tugas oleh CIA ke hawai dan itu menurutnya hal yang sangat menarik, tetapi snowden harus memberitahu kepada kekasihnya.  Snowden sampai rumah pun berbicara kepada kekasih nya, kalau dia mendapatkan tawaran kerjaan di hawai. Lalu pacar nya menghela nafas dan tidak terima sedikit karena mereka butuh perjuangan untuk memulihkan hubungan dan tinggal bareng lagi. Tetapi snowden bilang aku tidak akan mesiasiakan kamu lagi, kalau yang kamu mau tetap disini aku bakal tetap disini bersama mu. Tiba-tiba snowden pingsan dan langsung dibawa kerumah sakit oleh kekasihnya ternyata snowden terkena penyakit yang sangat serius yaitu epilepsi, karena kebanyakan stress snowden tidak boleh kebanyakan stress dan kalau kambuh bisa sangat membahayakan dirinya. Kekasihnya pun membantu snowden supaya tidak stress dan kekasih nya mengijinkan snowden untuk bekerja di hawai tetapi dia ikut ke hawai, kekasih nya melakukan ini demi kesembuhan snowden. 

Mereka pun ke hawai, sesampai nya dihawai snowden bekerja untuk membantu meretas data-data dan ini kesempatan untuk snowden tau akses apa yang di pakai di negara hawai. Snowden pun bekerja dengan baik sampai yang menawarkan snowden bekerja di hawai sangat senang melihat kinerja snowden. Dilain waktu snowden ini sangat posesif sekali dan cemburuan dengan kekasihnya, snowden memutuskan untuk memakai data akses tanpa ijin kepada CIA. Tiba-tiba CIA pun vidio call dan berbicara dengan snowden, dari CIA juga senang atas kinerja yang sangat memuaskan yang dilakukan oleh snowden. Tetapi snowden tidak bisa berbohong kepada CIA, pihak CIA pun tanya apakah kamu menyembunyikan sesuatu, snowden menjawab ya saya melakukan akses data tanpa ijin. Pihak CIA pun mengingatkan bahwa pekerjaan dia selama ini di pantau.
Snowden langsung balik kerumah nya dan bilang ke kekasihnya apa yang telah terjadi. Snowden bilang email nya sudah tidak aman lagi karena ini bukan lagi masalah dipantau tapi ini udah masuk di tahap penyadapan. Snowden menjelaskan sangat rinci, kalau sudah sampai tahap penyadapan yang dilakukan dari email atau sosial media pesan suara dan lain-lain bisa langsung disadap. Snowden pun bilang kemungkinan besar rumah nya ini bakal bisa di sadap oleh seorang pejabat senior CIA. Snowden pun menyuruh kekasihnya untuk tinggal bersama orang tua nya lagi jangan tinggal dengan dirinya, karena ini udah sangat bahaya bagi kekasihnya. Kekasihnya tidak bisa melakukannya tetapi ini demi snowden kekasih nya bakal ngikutin apa yang snowden katakan.
Snowden bekerjasama dengan 3 wartawan untuk menjalankan aksinya yang diatas. Snowden dan 3 wartawan ini wawancara nya di hotel dan dikamar yang sangat tertutup. Snowden memutuskan untuk menceritakan dari awal hingga saat ini dia ingin mempublish kan dirinya ke publick dan snowden udah tau apa yang jadi resiko nya dan ini bagian dari skenario yang snowden buat. 3 wartawan ini membantu snowden sampai berita nya pun publish. Setelah berita itu di publish snowden menjadi sorotan di berbagai negara, dan pastinya ada yang pro dan kontra. Lali snowden memutuskan untuk tidak memegang akses data nya lagi, snowden kasih akses data ini ke 3 wartawan yang snowden udah percaya. Disini 3 wartawan menyewa pengacara dari hongkong yang sangat ahli dibidangnya. Karena hotel yang dia tinggalin dan dipakai untuk wawancara diramaikan dan kerumunan pers snowden pun menyamar supaya tidak ketawan dan snowden sudah terdakwa bahwa snowden meretas data rahasia negara secara ilegal jadi buronan. Snowden dibawa ke hongkong dan nyatanya snowden udah tinggal di hongkong dari bulan mei. Setelah itu snowden terbang ke rusia karena dia mendapatkan surat ijin tinggal selama 3 tahun. Warga negara lain tidak terima karena kenapa snowden diijinkan terbang dan lolos begitu saja. Disini juga menunjukan kalau negara rusia mendukung snowden.

Setelah itu snowden melakukan wawancara dari jarak jauh atau dari internet bahwa kenapa dia sangat berjuang sekali sampai seperti ini, karena dia ingin melindungi prinsip negara nya yaitu Amerika Serikat. Prinsip Amerika Serikat itu jika itu pebgadilan yang adil dan umum sayangnua itu tidak akan terjadi sekarang. Selama ini mata-mata digunakan terhadap pelapor, tanpa informasi untuk memulai debat publik Amerika Serikat bakal kalah. Dan masyarakay bisa mempertanyakan pada pemerintah Amerika Serikat dan meminta bertanggung jawaban itulah prinsip Amerika Serikat. Snowden mendapatkan respon yang sangat memuaskan, dan disini snowden sangat berperan penting untuk mendidik orang-orang Amerika Serikat menuju tingkat dimana kebebasan sipil dan hak-hak konstitusional kita yang sedang rusak. Dan snowden sangat menginspirasi bagi oran-orang yang mendukung snowden. Dan pada akhirnya snowden menetap di Moskow dan kekasihnya pun menyusul nya dan tinggal bareng dan tidak akan pernah balik. Snowden juga sudah tau apa yang dilakukan nya ini pasti diliat orang-orang ada yang baik dan ada yang tidak, snowden menyerahkan yang melihat saja.


Permasalahan : 

> Snowden mendapatkan dan menemukan akses atau web yang digunakan dari berbagai negara
> Snowden sempat berkelahi dengan kekasihnya karena snowden tidak bisa melakukan hal seperti yang mereka lakukan biasanya, dan kekasihnya tidak terima lalu kabur. Snowden sendirian dan kehidupan merasa sepi dan tidak berwarna.
> Snowden terkena penyakit yang sangat serius yaitu penyakit epilepsi, kalau kambuh itu sangat membahayakan snowden
> Snowden melakukan menggunakan data dari CIA tanpa ijin, karena snowden ingin memantau kekasihnya sendiri karena snowden lagi di fase cemburu dengan kekasihnya
> Snowden memiliki masalah dengan emailnya karena ini sudah target penyadapan, dan bakal tau semua yang diakses dari email dan sosial medianya. Dan kemungkinan besar rumah nya pun juga bisa disadap oleh seorang pejabat senior CIA
> Setelah snowden memutuskan untuk mempublish semuanya, snowden pun menjadi buronan atau menjadi orang tersangka dalam peretasan data rahasia negara


Opini Saya :

Snowden menunjukan tekat yang sangat kuat dan sangat beresiko. Snowden rela untuk meretas data dalam berbagai negara, dan snowden tau semua data yang dipakai di negara-negara yang dia kunjungi. Snowden ingin menunjukan bahwa mereka ini tidak menunjukan atau melakukan kejahatan pun tetap di awasi lewat kamera-kamera tersembunyi. Itulah data rahasia negara. Snowden mengambil keputusan yang sangat besar, dan snowden rela melakukan apa saja untuk negara nya yaitu Amerika Serikat. Snowden sempat putus asa dan merasa gagal tetapi snowden pun membangkitkan tekat nya lagi untuk membantu negara nya. Snowden juga mempublish berita yang dia dapat, dan snowden tau apa yang akan terjadi setelah itu. Ada yang pro dan kontra dengan apa yang dilakukan snowden terhadap pemerintah negara. Bahkan ada tiga wartawan yang membantu untuk mempublish apa yang dilakukan snowden terhadap negara dan apa yang di dapatkan oleh snowden. Tetapi snowden melakukan nya sangat baik dan berusaha semaksimal mungkin apa yang dia bisa pasti bakal dia lakukan. Snowden berkata dia mempunyai kehidupan yang baru, dia berfikir kebebasan terbesar yang dia rasakan bahwa dia tidak perlu khawatir apa yang akan terjadi hari esok karena dia bahagia sama apa yang dia lakukan. Mau percaya atau tidak nya tergantung orang-orang yang melihatnya.


0 komentar:

Posting Komentar