28.3.24

Esai 2 Meringkas Jurnal Work Performance

 

Mata kuliah : Psikologi Industri Dan Organisasi

Tugas : Esai 2 Meringkas Jurnal

Meringkas Jurnal : Pengaruh stress kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Reasuransi Nasional Indonesia

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA


 

Fitri Novia Rizka (23310410057)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Stres Kerja, Motivasi Kerja, dan Produktivitas Kerja Karyawan, penelitian kuantitatif

Sumber

Putri H.S, Trirahayu D, Hendratni. W.T (2023)

PENGARUH STRES KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT REASURANSI NASIONAL INDONESIA : Jurnal ilmiah manajemen Pancasila. 3(1) Maret 2023. 70-83

Permasalahan

Dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keadaan  stress  yang  menyebakan  ketidakseimbangan  fisik  dan  mental yang dapat mempengaruhi  emosi, proses  berpikir dan mempengaruhi kondisi karyawan. Orang dapat menyebabkan  stress  kerja  karena  mereka  telah  melewati  batas-batas  mereka.  Stress  kerja  tanpa motivasi  berdampak  pada penurunan  produktivitas  kerja  karyawan  mewujudkan  dirinya  dengan  cara yang  dapat  meningkatkan  produktivitas kerja.

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stres kerja terhadap produktivitas kerja karyawan di PT. Reasuransi Indoensia

Isi

Berdasarkan dari isi jurnal diperoleh bahwa stress kerja, motivasi kerja yang ada pada diri seseorang dapat mempengaruhi kinerja dan produktivitas kerja karyawan dalam menyelesaikan berbagai tugas nya yang ada pada PT. Reasuransi Nasional Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi  kerja  berpengaruh  positif  dan  siginifikan terhadap  produktivitas  kerja  karyawan  PT  Reasuransi  Nasional  Indonesia.

Metode

-       Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang meliputi jenis penelitian kausalitas dan sebab akibat.

-       Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini metode  probility  sampling  dengan  tipe  proportionate  stratified  random  sampling sebanyak   67   orang   karyawan PT. Reasuransi Nasional Indonesia. Analisis   data   yang   digunakan   adalah   regresi   linier   berganda   dengan menggunakan  program  SPSS  versi  25.

Hasil

-       Stress kerja tidak berpengaruh positif terhadap produktivitass kerja karyawan di PT. Reasuransi Nasional Indonesia ditemukan bahawa variabel stress kerja dipengaruhi oleh unsur seperti lingkungan fisik, beban kerja berlebihan, dan konflik peran. 

-       Motivasi   kerja   berpengaruh   positif   terhadap produktivitas  kerja  karyawan.  Motivasi  kerja  yang  tercipta  di  PT  Reasuransi  Nasional  Indonesia  sangat menunjang  atas  peningkatan  produktivitas  kerja  karyawan.  Hal  ini  dapat  dibuktikan  bahwa  data  yang dihasilkan dari kuesioner yang telah disebarkan kepada karyawan. PT Reasuransi Nasional Indonesia dapat menciptakan  motivasi  dengan  pemberian  penghargaan  dari  perusahaan  kepada  karyawan  dan  jaminan kesehatan  dimana  karyawan  dapat  bekerja  dengan  baik  dan  dapat  memberikan  semangat  dalam  bekerja. Oleh karena itu, jika terjadi perubahan positif dalam motivasi kerja maka akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan secara positif

-       dari  pendapat karyawan yang menjawab responden menunjukan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan memberikan  dampak  atas  pengaruh  yang  baik  terhadap  produktivitas  kerja  karyawan.  Hal  ini  dibuktikan oleh hasil penelitian yang menghasilkan mempunyai pengaruh sebesar 37,7% secara simultan. Keadaan ini dapat  memberikan  peranan  yang  baik  terhadap  setiap  bagian-bagian  yang  ada  dalam  PT  Reasuransi Nasional Indonesia dan kontribusi kepada produktivitas kerja karyawan.

Diskusi

Bagi pimpinan instansi oleh karena itu peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk memperhatikan stress  kerja  jangan  sampai  mengalami  kenaikan  yang  dapat  menyebabkan  menurunya  produktivitas kerja   karyawan.   Sedangkan   motivasi   kerja   dapat   menyarankan   kepada   perusahaan   untuk   tetap meningkatkan atau mempertahankan motivasi para karyawan agar terciptanya produktivitas kerja yang baik.2.Bagi  peneliti  selanjutnya  diharapkan  lebih  banyak  peneliti  di  masa  depan  melakukan  penelitian  yang produktif.Peneliti  menyarankan  agar  peneliti  lain  melakukan  penelitian  yang  lebih  detail  mengenai produktivitas kerja karyawan untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat terhadap variabel independent.

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar