30.3.24

Esai 1- Meringkas Film Youtube

 

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

Tugas : Esai 1 Meringkas Film Youtube

Meringkas Film Youtube : The Asisstent (2020)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 


Arti Muizzah Aisyawati (23310410038)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Topik

Film ini menceritakan tentang jane yang bekerja sebagai assistant di sebuah industri hiburan. Jane menjalani perannya  sebagai asisten dengan baik hingga dia menemukan kejanggalan mengenai bosnya di perusahaan dan berusaha untuk mengambil tindakan akan hal itu.

Sumber

The Assistant 2020

Durasi 1:26:56

https://youtu.be/i1sVbavGJxk?si=0vmvqNvgED_JcwKC

 

Ringkasan Film

        ·       Pada menit awal film menampilkan jane seorang asisten yang bekerja di industri hiburan. Jane merupakan pekerja keras. Ia merasa lelah dan stress karena jam kerja yang panjang dan penuh tekanan. Jane sering merapikan ruangan milik bosnya dan menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk bosnya. Kemudian jane menemukan sebuah anting terjatuh diruangan bosnya. Jane mengambil anting tersebut dan menyimpannya. Jane berniat menemui pemiliknya dan mengembalikan. Jane menyadari bahwa bosnya mungkin melakukan tindakan pelecehan seksual pada para wanita muda. Ia menjadi khawatir dengan hal itu yang mungkin akan mengancam dirinya juga. Kemudian Seorang asisten baru datang dari Idaho mengatakan bahwa ia akan bekerja bersama mereka. Jane diminta mengantarnya ke hotel.

        ·       Jane juga harus memuat alibi atas sejumlah telepon masuk dari istri bosnya yang selalu marah. Sampai ketika jane merasa harus mengunjungi kantor HRD untuk mengambil tindakan atas apa yang di khawatirkannya, jane menceritakan kekhawatirannya mengenai apa yang di rasakannya, ia juga menanyakan pada HRD mengenai apa yang bisa dilakukan untuk gadis muda yang datang menjadi asisten baru. HRD memberikan respon yang tidak sesuai dengan harapannya. HRD tersebut juga memintanya membuat keputusan apakah akan tetap mengajukan keluhannya dan jane memutuskan untuk tidak melanjutkan keluhannya. HRD juga mengatakan pada jane untuk tidak khawatir karena jane bukan tipenya. Semua yang jane lakukan diketahui oleh bosnya dan bosnya menekannya serta meminta jane mengirimkan permintaan maaf. Jane menulis permintaan maaf dengan dibantu oleh kedua asisten lainnya.

        ·       Di akhir film menampilkan jane yang menikmati makanannya sembari menghubungi ayahnya untuk mengucapkan selamat ulang tahun dan meminta maaf karena tidak menghubunginya.

Permasalahan

Pada film ini menampilkan penyalahgunaan kekuasaan, dimana dapat dilihat pada saat jane mengatakan keluhannya pada HRD dan kemudian HRD mengatakan apakah ia akan melanjutkan laporannya yang sudah diketahui hasilnya membuat jane memutuskan untuk tidak melanjutkannya. Film ini juga menampilkan lingkungan kerja yang tidak ramah, dimana jane marasa begitu tertekan akan hari yang dijalaninya. Isu pelecehan seksual juga ada dalam film ini yang menjadi masalah dalam lingkungan kerja.

Opini

       ·         Film menampilkan bagaimana kekuasaan mempengaruhi lingkungan kerja. Meskipun bos yang kuat tidak pernah muncul secara langsung, tetapi kehadirannya terasa melalui komentar rekan-rekan kerjanya.

        ·       Film ini juga menampilkan ketidaksetaraan gender dimana perempuan seringkali menghadapi situasi yang merendahkannya dan bagaimana mereka harus berjuang untuk mendapatkan pengakuan. Dalam film jane sebagai seorang asisten sering kali lebih sibuk dibandingkan kedua rekannya, jane juga kerap kali diminta untuk mengatasi kemarahan istri dari bosnya itu.

        ·       Penyalahgunaan kekuasaan juga terjadi dalam film ini, dimana jane manyaksikan perilaku tidak pantas bosnya, tetapi lingkungan kerja dan sistem melindunginya.

        ·       Lalu film ini juga menyoroti pentingnya ketegasan dalam menghadapi situasi yang sulit, hal ini diikuti dengan scane jane yang diminta untuk memutuskan untuk melanjutkan keluhannya atau tidak.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar