29.12.23

 


UJIAN AKHIR SEMESTER 

Psikologi Inovasi 



Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Oleh : Binti Nadhifah (21310410118)

Kelas Psikologi Sp 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 



Dalam tulisan Shinta (2013) persepsi. Untuk memahami lingkungan barunya Apabila lingkungan barunya tersebut dipersepsikan hampir sama dengan tempat kerjanya yang lama, maka penyesuaian dirinya berlangsung cepat dan mulus. Hal ini karena lingkungan barunya tersebut dipersepsikan masih dalam batas-batas optimal. Dampaknya adalah keadaan individu tetap kosntan dan stabil, atau disebut sebagai homeostatis. Dalam situasi homeostatis, individu akan merasa nyaman dan ia akan berusaha untuk mempertahankan situasi itu. . Apabila pengalaman berhasil mengatasi stress ini terjadi berulang-ulang, maka toleransi individu terhadap kegagalan menjadi rendah. Ia berusaha keras agar terus berhasil. Individu juga mengembangkan kemampuan untuk menghadapi stimulus-stimulus baru. Adjustment ini merupakan tanda bahwa manusia tidak mau begitu saja tunduk pada gejala-gejala alam.

Apabila usaha individu dalam mengatasi stress ternyata gagal dan bila kegagalan itu berulang kali terjadi, maka situasi itu merupakan kondisi bagi individu meyakinkan dirinya bahwa ia memang orang yang tidak mampu. Istilah dalam psikologi yaitu learned helplessness atau rasa tidak berdaya.

yang artinya apabila individu terbiasa melakukan olahraga sejalan dengan tugas perubahan diri yang diberikan oleh dosen dengan melakukan olahraga maka individu dalam penyesuaiannya akan berlangsung cepat dan mulus dan individu akan merasa nyaman dan mempertahankan kegiatan olahraga tersebut, .

Apabila situasi baru yang dihadapi individu ternyata sangat berbeda dengan situasi-situasi yang pernah dialaminya contohnya individu tidak terbiasa melakukan olahraga maka individu akan mempersepsikan bahwa situasi baru itu di luar batas optimal. Menghadapi tugas kegiatan olahraga yang diberikan Dosen maka individu akan merasa setres sehingga untuk mengatasi setres maka ia akan melakukan berhenti melakukan kegiatan olahraga tersebut. Apabila pengalaman berhasil mengatasi stress ini terjadi berulang-ulang, maka toleransi individu terhadap kegagalan menjadi rendah. Ia berusaha keras agar terus berhasil. Individu juga mengembangkan kemampuan untuk menghadapi stimulus-stimulus baru. Adjustment ini merupakan tanda bahwa manusia tidak mau begitu saja tunduk pada gejala-gejala alam.

 

Menurut Seligman, kebahagiaan adalah tema utama, meskipun merupakan  konsep abstrak. Tiga komponen mendasar kebahagiaan  adalah  emosi positif, keterlibatan, dan makna. Pengukuran kebahagiaan berasal dari konsep kesejahteraan  dan pengukurannya melibatkan lima faktor yang  disingkat PERMA: (P) Emosi Positif, (E) Keterlibatan, (R) Hubungan, dan (M) Makna dan tujuan dan (A) prestasi, Menurut  Martin Seligman, salah satu tokoh Psikologi positif, kebahagiaan adalah kondisi Psikologis yang positif,  yang  ditandai  oleh perasaan  senang,  puas, dan  sejahtera.  evaluasi mahasiswa terhadap tugas yang diberikan jika mahasiswa memahami dampak positif dari perubahan diri dengan kegiatan olahraga  akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemahaman tentang kebahagiaan diantanya dengan melakukan olahraga secara konsisten hal ini karena olahraga dapat mengurangi setres dan meningkatkan kebahagiaan. Kebahagiaan  memiliki banyak manfaat,  baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Orang yang bahagia cenderung memiliki kesehatan fisik yang lebih baik, lebih tahan terhadap stres, dan lebih produktif

 

Menurut saya kegiatan tersebut berkelanjutan bagi mahasiswa yang mempunyai kesadaran akan pentingnya olahraga demi kesehatan fisik maupun mental adapun kegitan olahraga agar tetap berkelanjutan terus konsisten berolahraga Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. semua manusia tetap membutuhkan yang namanya olahraga olah tubuh. Manfaat olahraga bagi kesehatan jelas sangat banyak dan dapat dirasakan oleh orang yang berolahraga . bisa di pastikan bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang bisa dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap merasakan kesehatan dan mempunyai daya tahan tubuh yang baikOlahraga merupakan suatu gerakan tubuh yang memberikan efek kepada semua bagian tubuh. Olahraga juga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk melakukan pergerakan.

Tubuh kita akan menjadi sehat apabila digunakan untuk bergerak dan menjalankan aktivitas yang tidak terlalu lelah.

 

 

Daftar Pustaka

 

Shinta, A. (2013). Persepsi terhadap lingkungan. Kupasiana. Retrieved from:

http://kupasiana.psikologiup45.com/2013/04/persepsi-terhadap-lingkungan.html

Usman, J. (2017). Konsep Kebahagian Martin Seligman. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat, 13(2), 359-374


0 komentar:

Posting Komentar