29.12.23

Lomba Menulis Puisi

 

 

Nama : Muslimin

Nim    : 21310410065

Matkul : Psikologi Inovasi

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta, M. A

 

  “ Lomba Menulis Puisi ”




Perlombaan ada kegiatan cabang untuk meningkatkan kemampuan atau prestasi dalam bentuk perlawanan tidak langsung, tetapi searah, tanpa adegan kontak fisik seperti menjatuhkan atau menyerang lawan. Masing-masing peserta pada posisi yang sendiri.

Menulis puisi merupakan bentuk ekspresi tertulis yang diungkapkan penulis/penyair yang bersumber dari inspirasi atau gagasan pikiran penulis. Ekspresi tertulis itu merupakan kegiatan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan pengalaman artistik dalam menulis puisi.

Puisi menjadi salah satu jenis karya sastra yang cukup digemari banyak kalangan orang. Puisi juga dapat memikat hati para pembacanya karena karena menggunakan kata-kata indah dengan makna. Kata-kata yang digunakan di dalam puisi sendiri umumnya berbeda dengan kata-kata yang digunakan dalam cerita. Puisi juga tidak membutuhkan banyak kata, lain halnya dengan cerpen atau novel yang yang membutuhkan banyak kata.

Manfaat mengikuti lomba menulis puisi, khususnya untuk kamu penulis pemula apa ada sih? Tentu ada dong! Baik itu untuk mental kamu sebagai penulis, karya yang kamu tulis, relasimu di dunia kepenulisan dan juga yang lainnya.

Saya mulai belajar menulis puisi sejak SMA sebagai tugas sekolah, yaitu puisi-puisi ala anak remaja. Karena saat itu di kelas saya ada seorang teman yang suka menulis puisi dalam buku puisi sendiri, sebagai seorang remaja saya pribadi tertarik untuk mau belajar menulis puisi kepada teman kelas saya.

Bulan November 2023 kemarin saya mengikuti perlombaan menulis puisi tingkat nasional yang bertema CINTA dan AYAH, yang diikuti oleh 6.204 peserta dan Alhamdulillah puisi yang saya tulis masuk pemenang 250 penulis terbaik.

Adapun beberapa aturan yang perlu di pahami dalam menulis puisi yaitu:

·       Tulis di word naskah puisi bertema CINTA dan AYAH

·       Maksimal 18 baris puisi. Bait bebas. Font tulisan bebas. Yang paling penting ada judul, nama penulis dan isi karya.

·        Kirim naskah ke email

·        Karya yang dikirim harus buatan sendiri

·        Tidak menyinggung SARA

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar