29.12.23

Tugas Ujian Akhir Smester



Tugas Ujian Akhir Smester

Muhammad Nurul Yulianto

23310420076

Psikologi Inovasi

Essay Ujian Akhir Smester

Dosen Pengampu Dra. Arundati Shinta, M.A.



Panadangan setiap orang akan suatu hal pasti berbeda-beda. Menurut Sarlito Wirawan Sarwono (1983:89), Persepsi adalah kemampuan seseorang untuk mengorganisir suatu pengamatan, kemampuan tersebut antara lain: kemampuan untuk membedakan, kemampuan untuk mengelompokan, dan kemampuan untuk memfokuskan. Oleh karena itu seseorang bisa saja memiliki persepsi yang berbeda, walaupun objeknya sama. Presepsi ini akan menjadikan setiap orang memiliki suatu pemahaman ang berbeda-beda.

Melakukan suatu perubahan dalam diri merukaapan suatu kegiatan yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh baik dengan paksaan maupun dengan keinginan sendiri. Mealui tugas kampus melakukan kegiatan perubahan olahraga 8minggu dengan masing-masing sekitar 1 jam merupakan sesuatu yang cukup berat jika hanya dibayangkan. Mahasiswa yang tidak menyukai olah raga, tidak suka dengan kegiatan dan aktivitas siluar makan akan mempresepsikan ini sebagai suatu kegiatan yang melelahkan. beda cerita dengan mahasiswa yang memang menyukai dengan olahraga dan sudah terbiasa sebelumnya. maka ini merupakan suatau tantangan baru mahasiswa. Presepsi akan kegiatan olahraga ini menjadi suatu penentu bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan yang nantinya akan dilakukan.

Dalam melakukan setiap kegiatan akan didasari dengan yang namanya kesukaan dan juga kebahagiaan. Seligman (2005 ) pernah menjelaskan mengenai kebahagiaan, diamana kebahagiaan merupakan konsep yang mengacu pada emosi positif yang dirasakan individu serta aktivitas positif yang tidak mempunyai komponen perasaan sama sekali ( seperti keterlibatan individu secara menyeluruh pada kegiatan yang disukainya ). Dengan hal tersebut mahasiswa akan melakukan kegiatan perubahan diri olahraga ini karena rasa suka. pada mulanya rasa suka ini karena suka jika nantinya akan mendapatkan nilai bagus, jadi meskipun terpaksa maka akan dilakukan. Beda kembali jika dibandingkan dengan mahasiswa yang memang menyukai olahraga, maka ini merupakan suatu hal yang menyenangkan dan memang disukai. Sehingga kegian olahraga perubahan diri ini merupakan tantangan baru yang memang menarik untuk dicoba.

Kegiatan olahraga ini akan menjadi lebih subtain dan juga terus berlangsung selama ada keinginan yang kuat pada diri mahasiswa untuk terus melanjutkannya. Selama tidak ada rasa kebahagiaan dalam melakukan kegiatan olahraga ini, maka bisa saja hanya akan berhenti sekarang karena hal ini sebatas menginginkan untuk mendapatkan nilai saja.


0 komentar:

Posting Komentar