28.12.23

setelah semua kegiatan apakah akan ada keberlanjutan ?

 

Psikologi Inovasi

Ujian Akhir Semester

Rhicard Geovadri Layarda (21310410002)

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 

Pengembangan diri adalah pengembangan segala potensi yang ada pada diri sendiri, dalam usaha meningkatkan potensi berfikir dan berprakarsa serta meningkatkan kapasitas intelektual yang diperoleh dengan jalan melakukan berbagai aktivitas (Fanani 2003) .proses dalam Self accepnes terkadang diikuti pengembangan diri di era muda mudi sekarang dan hal ini me nyangkut persepsi yang mereka terima dan pahami . Persepsi merupakan suatu proses dimana seseorang memilih, memuaskan, dan menafsirkan masukan informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti mengenai dunia (Philip Kotler). Dosen memberikan tugas perubahan diri melalui kegiatan olahraga secara teratur selama 8 minggu @1 jam / minggu , hal tersebut awalnya membuat kebanyakan mahasiswa keberatan dikarenakan sebagian mahasiswa adalah karyawan yang super sibuk , dalam menanggapi tugas juga adanya rasa engga mengerjakan karena berasumsi tidak ada waktu untuk eksekusi dan rasa malas yang tinggi. Tetapi hal tersebut menumbuhkan rasa Challenge diri dan mahasiswa yang sudah melakukan merasa efek positif dari perubahan diri yang mereka alami.

Evaluasi yang di hadapi beragam jenis , dari mahasiswa yang mengeluh karna keterbatasan waktu dan tidak pernah berolahraga sampai mahasiswa yang excited melakukan perubahan diri . dari sudut penulis merasakan adanya hal yang tidak bisa di ungkapkan dikarenakan awalnya merasa tidak dapat menyelesaikan tugas tersebut tetapi akhirnya bisa di selesaikan dan merasa terbantu dengan tugas perubahan diri yang diberikan. Olahraga termasuk musuh besar sebagian orang dimana keluhan yang diberikan adalah tidak terbiasa olahraga atau alasan lainnya yaitu “ saya sudah hidup sehat , buat apa berolahraga lagi ? apakah kurang sehat saya ? “ . adapun rasa pesimis ketikan berolahraga dialami penulis yaitu “ apakah saya bisa seperti yang lain ketika berolahraga ? “ , “ teman teman bakal judge apa tidak yah ? “ tetapi karena adanya kemauan dan rasa optimis penulis memberanikan diri dan berkomitmen melakukan kegiatan olahraga yang awalnya suatu beban menurutnya tetapi setelah dijalani lama menjadi aktivitas harian penulis . Martin seligman memiliki pemikiran “ Gunakan kekuatan dan kebajikan khas anda untuk melayani sesuatu yang jauh lebih besar dari diri anda “ yang berarti rasa optimis dan kemauan dari individu akan membuat kita belajar berubah dan semangat dalam melakukan perubahan diri.

 

Kegiatan olahraga rutin akan terus berjalan jika seseorang tetap optimis dan yakin akan hasil yang diberikan . bagi penulis tidak perlu tempat gym maupun alat , jika bisa workout dari rumah dan menghasilkan keringat dan membuat tubuh sehat akan dilakukan sesering mungkin . Tetap memberikan support kepada diri sendiri agar semangat melalukan hal yang sudah di bangun dari 0 sampai merasakan hasil dari proses tersebut . Kata kata seligman yang disukai penulis adalah “ Kabar baiknya adalah ada cukup banyak keadaan internal yang berada di bawah kendali sukarela anda. Jika anda memutuskan untuk mengubahnya(dan berhati-hatilah bahwa semua perubahan ini tidak akan terjadi tanpa upaya nyata ) tingkat kebahagiaan anda kemungkinan besar akan dalam jangka panjang” – Seligman 2002 Hal XIV

Ketika individu dengan sukarela melakukan perubahan diri , maka akan ada hasil positif yang bisa di terima oleh individu tersebut

 

Daftar Pustaka :


https://www.kajianpustaka.com/2020/06/pengembangan-diri.html ( diakses 28/12/23 12.12)

https://www.pursuit-of-happiness.org/history-of-happiness/martin-seligman-psychology/ ( diakses 28/12/23 13.10)

James, R. (2010). Promoting sustainable behavior: A guide to successful communication. Barkeley: Berkeley bright green, University of Carolina.

Shinta, A. (2013). Persepsi terhadap lingkungan. Kupasiana. Retrieved from:

http://kupasiana.psikologiup45.com/2013/04/persepsi-terhadap-lingkungan.html

Hakim, B, F. Dkk. Persepsi pengambilan keputusan,konsep diri dan calues.Diversity

            DOI: 10.32832/djip-uika.v1i3.3972

 

 

0 komentar:

Posting Komentar