29.12.23

Psikologi Inovasi - ESSAY PRESTASI 2 - Fariha Aulia Syahda - 21310410092

 Psikologi Inovasi 

ESSAY PRESTASI 2 

Fariha Aulia Syahda 

21310410092 

Dosen Pengampu: 

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA 

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi 

Proklamasi 45 

Yogyakarta 


Dalam menulis puisi tentu bukan hanya sekedar kita hanya menulis saja akan tetapi tentunya kita harus memiliki bakat yang kreatif. Menurut Munandar (1985) semua orang mempunyai bakat kreatif namun apabila tidak diasah akan menjadi bakat yang dipendam dan tidak terwujudkan. Kreativitas seorang penyair untuk menulis puisi akan terlihat dalam hasil karfya tulisannya. Tidak hanya estetika saja akan tetapi juga bisa menyampaikan pesan sebuah pesan dan maknanya agar bisa sampai kepada para pembaca. Penulis yang menggunakan kreativitas atau bakat kreatifnya maka bisa diharapkan untuk memunculkan keunikannya. Proses penulisan ini bisa disebut dengan proses kreatif. Proses kreatif bisa ditempuh dengan cara seseorang dalam menulis puisi. Misalnya dalam menemukan ide dalam menulis, sampai menjadi puisi yang utuh (Pratiwi & Suwigyono, 2016). Menurut Siswanto (2008) mengemukakan bahwa terdapat beberapa tahap proses kreatif yang bisa dilakukan oleh sastrawan kepada empat hal yaitu: 

1) Alasan dalam menjadi seorang pengarang

2) Kegiatan sebelum menulis

3) Kegiatan selama menulis

4) Kegiatan setelah menulis

Sedangkan menurut Burke dan Tinsley (1993) membagi dalam tiga tahap proses kreatif, yaitu: 

1) Menemukan untuk menulis dengan berbagai cara

2) Mengekplorasi untuk teknik yang cocok

3) Mengembangkan bentuk untuk menjadi tulisan yang diinginkan

Untuk Menyusun puisi penyair mempunyai kekuasaan yang disebut sebagai licentia poetarum (Teeuw, 1983) kekuasaan ini bertujuan agar penulis bisa terstuktur secara lahir maupun terstruktur secara batin. Bagian yang paling penting untuk menulis puisi ialah menciptakan efek estetis, efek tersebut salah satunya bisa dibuat berdasarkan penyimpangan kaidah puisi.  

Dalam hal ini penulis mengikuti salah satu lomba puisi yang diselenggarakan oleh penerbit Kertassentuh dengan tema “IBU”, yang diadakan pada tanggal 10-27 November 2023 lalu dilakukan penjurian pada tanggal 28-30 November 2023 pada terakhir yaitu pengumuman pada tanggal 1 Desember 2023. Pada saat pengumuman karya penulis masuk pada kategori “Penulis Terpilih” dari 300 peserta yang terpilih ada kurang lebih 150 karya. Karya yang terpilih mendapat sertifikat dan buku karya puisi yang akan dicetak. Ini merupakan suatu pengalaman yang baik dan Langkah awal yang bagus untuk penulis. Penulis berharap bisa berkembang lebih baik lagi dan bisa menerbitkan beberapa karya yang baik dan memberikan pesan yang bermakna bagi para pembacanya.  

Daftar Pustaka  

Burke, C & Tinsley, M.B. 1993. The Creative Process. New York: St. Martin’s Press. 

Munandar, U. 1985. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia. 

Pratiwi, Y. D., Maryaeni, M., & Suwignyo, H. (2016). Kreativitas siswa dalam menulis puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, penelitian, dan pengembangan, 1(5), 835-843. 

Siswanto, W. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

0 komentar:

Posting Komentar