29.12.23

Essay 6 - Psikologi Inovasi - PERUBAHAN DIRI - Fariha Aulia Syahda - 21310410092

 Psikologi Inovasi 

ESSAY PERUBAHAN DIRI 

Fariha Aulia Syahda 

21310410092 

Dosen Pengampu: 

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA 

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 




Tubuh yang sehat adalah Impian yang dinginkan banyak orang, dengan tubuh sehat individu bisa melakukan bermacam aktivitas yang efektif. Agar tercapainya tubuh yang sehat seseorang harus bisa melakukan suatu upaya yaitu kegiatan yang dilakukan dengan cara terpadu, terintegritas dan berkesinambungan dalam memelihara serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Olahraga didefinisikan sebagai serangkaian gerak raga yang teratur serta terencana dalam memelihara gerak dan juga meningkatkan kemampuannnya (Griwojoyo, 2012). Dengan berolahraga yang teratur seseorang bisa menambah kemampuan gerak tubuhnya sehingga tubuh bisa menyesuaikan diri oleh akttivitas sehari-hari. Maka dari itu penulis melakukan olahraga yang saat ini telah berkembang yaitu street workout. Olahraga ini bermula dari zaman yunanai kuno yang diawali dengan berdirinya tempat olahraga yang memakai berat badan untuk beban latihannya. Olahraga ini mengandalkan kemampuan observasi dalam mencari benda atau peralatan disekitar yang bisa digunakan dalam pergerakan olahraga misalnya tiang di kontruksi, bangku di taman kota atau peralatan lainnya di sekitaran. Dalam hal ini penulis menggunakan media lantai atau matras dalam melakukan olahraga ini. Kemudian olahraga ini berkembang pesat hingga meraih popularitasnya di kota New York. Jika di Indonesia salah satu komunitas perintisnya ialah komunitas Indobarian yang berada di Jakarta. Olahraga ini didirikan oleh salah satu pendiri komunitas yang Bernama I Made Verdhy Bhawanta.  

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Frederick dan Ryan (dalam Hagger & Chatzirantis, 2007) yang mengemukakan bahwa motivasi mempunyai hubungin positif pada berapa lama seseorang menghabiskan waktu dalam melakukan kegiatan olahraga untuk setiap minggunya. Menurut Kavadlo dan Kavadlo, 2016) Motivasi ini jug merupakan hal yang sangat penting dalam olahraga street work dikarenakan bisa melakukan suatu gerakan dengan benar dan harus berlatih karena memiliki talenta saja belum cukup.  

Dalam hal ini penulis melakukan kegiatan olahraga ini dalam waktu seminggu sekali dengan beberapa gerakan yaitu full lower dan full power. Dimulai dari gerakan tangan sampai kaki akan tetapi disini penulis lebih menekankan kepada olahraga untuk perut. Tujuan dari olahraga ini adalah agar penulis bisa mengecilkan perut agar tampak sehat dan indah. Olahraga ini dimulai pada 22 Oktober 2023 dan berakhir pada 10 Desember 2023 dengan kenaikan yang bertahap dimulai dengan olahraga dengan waktu kurang lebih 30 menit di minggu pertama, lalu bertambah 45 menit di minggu kedua, bertambah 1 jam di minggu ketiga, bertambah lagi 1 jam 30 menit di minggu keempat, kemudian bertambah 1 jam 45 menit di minggu kelima, kemudian bertambah 2 jam di minggu ke enam, kemudian bertambah menjadi 2 jam 15 menit di minggu ke tujuh, dan berakhir di 2 jam 30 menit di minggu ke delapan. Selain berolahraga penulis juga menjaga pola makan yaitu dengan mengurangi kandungan karbo dan gula. Setelah berolahraga tersebut penulis merasaka tujuan manfaat yaitu merasa sehat dan perut mengecil dari 89 cm menjadi 79 cm yaitu terdapat pengurangan lemak dari perut yang membuat perut mengecil. Penulis bisa berharap agar lebuh mingkatkan kembali olahraga ini agar terus merasakan perubahan diri. Pada lampiran foto ilustrasi dan beberapa grafik peningkatan selama melakukan perubahan diri. 




 



Daftar Pustaka
Giriwijoyo, H.Y.S.S. (2012). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga): Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga Untuk Kesehatan dan Prestasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hagger, M. S., & Chatzisarantis, N. L. D., (2007). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Exrecise and Sport. USA : Human Kinetics.
Kavadlo, A., & Kavadlo, D. (2016). Street Workout : A Worldwide Anthology of Urban Calisthenics–How To Sculpt A GodLike Physique Using Nothing But Your Environment. United States : Dragon Door Publications.

0 komentar:

Posting Komentar