29.12.23

Essay prestasi Being a Master of Ceremony


 

Being a Master of Ceremony

oleh

Aulia Khoiru Ummatin (21310410086)

Psikologi Inovasi – Esai Prestasi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

 

Pengertian seminar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya). Dalam pelaksanaannya, MC memegang peran krusial untuk menjamin kelancaran acara dan memberikan pengalaman terbaik kepada peserta. Dengan menjadi MC dalam seminar, seseorang secara tidak langsung terlibat dalam kegiatan pelayanan masyarakat dengan menyediakan layanan yang professional, informatif, dan menghibur. Menjadi MC dalam seminar melibatkan tanggung jawab untuk menyambut peserta dengan penuh semangat, menciptakan atmosfer yang positif, dan memberikan informasi dasar mengenai jalannya seminar. MC memiliki peran penting dalam mengelola waktu acara. Dalam seminar, waktu sangat berharga, oleh karena itu MC bertanggung jawab untuk menjaga durasi setiap segmen acara agar peserta mendapatkan pengalaman seminar yang terstruktur dan efisien.

 

Pada tanggal 20 Desember 2023, Biro Psikologi UP45 menyelenggarakan acara seminar dalam rangka memperingati Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 ke-38 yang bertemakan Zero Tolerance for Sexual Violence: Sebuah Komitmen Berkelanjutan untuk Merdeka Dari Kekerasan Seksual. Dalam acara tersebut, saya ditunjuk dan ditugaskan untuk menjadi Master of Ceremony (MC). Selama acara berlangsung, saya memiliki peran dalam mengatasi kendala teknis dan perubahan jadwal yang cemderung berubah di tempat. Saya diharuskan untuk mengimprovisasi dan dituntut untuk kreatif dalam menghadapi situasi yang seringkali tidak terduga. Hal tersebut menjadi aspek penting dalam pelayanan masyarakat. Saya juga bertugas untuk membawakan Ice Breaking disela-sela acara ketika peserta sudah terlihat mengantuk dan bosan dengan jalannya acara. Secara tidak langsungm saya memberikan penjelasan yang jelas dan menghibur agar fokus peserta bisa kembali untuk menyimak seminar dengan baik.

 

Secara keseluruhan, menjadi MC dalam seminar bukan hanya sekedar membawakan acara, tetapi juga merupakan bentuk pelayanan masyarakat yang tidak terlihat secara langsung. MC membantu menciptakan pengalaman seminar yang positif, informatif, dan menghibur bagi peserta. Dengan demikian, kegiatan menjadi MC dalam seminar dapat dianggap sebagai kontribusi yang signifikan dalam upaya pelayanan kepada masyarakat melalui penyelenggaraan acara yang berkualitas.

 


0 komentar:

Posting Komentar