29.12.23

Essay 5 Partisipasi dalam Kejuaraan Taekwondo dan Olimpiade Bahasa Inggris

 


Partisipasi dalam Kejuaraan Taekwondo dan Olimpiade Bahasa Inggris

oleh

Aulia Khoiru Ummatin (21310410086)

Psikologi Inovasi – Tugas ke  5 : Partisipasi Lomba

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

 

Pendahuluan

Taekwondo dan Bahasa Inggris adalah dua bidang yang sangat berbeda, namun kedua hal tersebut mempunyai peran penting dalam hidup saya. Partisipasi dalam lomba Taekwondo dan Olimpiade Bahasa Inggris memberikan pengalaman yang sangat berharga karena mempunyai manfaat yang unik, baik secara fisik maupun intelektual. Lomba Taekwondo memberikan tantangan bagi saya untuk mengembangkan keterampilan bela diri, disiplin, dan kesehatan fisik. Selain itu, Olimpiade Bahasa Inggris memberikan kesempatan bagi saya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi.

 

Kejuaraan Taekwondo

Pada tanggal 14-16 September 2023, Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyelenggarakan Kejuaraan ‘Yogyakarta International Taekwondo Open 2023’ yang bertempat di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Kejuaraan ini membuka peluang bagi saya untuk ikut berpartispasi dalam ajang kancah internasional. Partisipasi dalam kejuraan ini memberikan pengalaman yang mendalam bagi saya khususnya dalam bela diri, disiplin, dan manajemen waktu di sela-sela kegiatan yang lumayan padat.

Dalam prosesnya, untuk mengikuti kejuaraan ini, saya membutuhkan waktu latihan fisik berbulan-bulan sebelum hari pelaksaannya agar dapat mengikuti kejuaraan dengan performa yang optimal. Dalam persiapan menghadapi kejuaraan ini, saya harus mengasah keterampilan teknik, kekuatan, ketahanan, kecepatan, dll. Selain itu, kejuaraan ini mengajarkan saya tentang disiplin diri, fokus, ketekunan, dan kerja keras.

Dalam pelaksanaannya, saya harus fokus penuh selama bertanding agar dapat menangkis serangan lawan dengan tepat dan menendang sasaran untuk meraih poin. Berkat do’a dan dukungan dari orang tua dan teman-teman, akhirnya saya meraih juara 2 (dua) kategori under 46kg senior putri. Namun, pertandingan ini tidak hanya tentang meraih kemenangan, tetapi juga menumbuhkan rasa persaudaraan dan sportivitas sesama atlet.

 

Olimpiade Bahasa Inggris

Pada tanggal 29 Oktober 2023, Pusat Kejuaraan Sains Nasional menyelenggarakan Ajang Olimpiade Sains Tingkat Nasional yang bertajuk Olimpiade Sains Pemudia Indonesia 2023 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda secara daring melalui website. Dalam ajang ini saya mengambil minat pada bidang Bahasa Inggris. Olimpiade Bahasa Inggris memberikan saya tantangan intelektual yang unik karena melibatkan penguasaan bahasa Inggris, mencakup sastra linguistik, dan berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah, tentunya dalam bahasa Inggris.

Kompetisi bahasa Inggris mengajarkan saya tentang nilai-nilai penting seoerti ketekunan, kreativitas, dan kemauan untuk terus belajar. Partisipasi dalam olimpiade ini memberikan apresiasi mendalam terhadap bahasa sebagai alat ekspresi dan komunikasi. Untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik diperlukan proses pembelajaran yang konsisten dan tekun. Saya harus kreatif dalam mempelajari kosa kata dan tata bahasa agar cepat menyerapnya. Saya juga tidak boleh cepat puas dengan kemampuan yang saya punya, karena masih sangat banyak yang harus ditingkatkan. Berkat komitmen dan kemauan untuk terus belajar dan mengasah bahasa Inggris, saya mampu meraih medali perak dan peserta aktif dalam kompetisi Olimpiade Bahasa Inggris tingkat Nasional ini.

 

Kesimpulan

Dengan mengikuti kompetisi dalam bidang taekwondo dan bahasa Inggris, saya mendapatkan banyak manfaat, seperti lebih percaya diri, disiplin, bertanggungjawab, dalam bidang seni bela diri maupun kecakapan berbahasa. Pelajaran yang dapat dioetik melalui partisipasi aktif dalam kedua lomba ini adalah membentuk individu saya menjadi kontributor yang berdaya saing. Sebagai penutup, saya lampirkan sertifikat.










0 komentar:

Posting Komentar