28.12.23

Psikologi inovasi essay 6, perubahan diri

 Nama : Cica Ayu Betiyanti

Nim : 21310410026

Kelas : Psikologi SJ

Tugas : Psikologi Inovasi Essay 6

Perubahan diri adalah suatu proses dimana seorang individu melakukan suatu hal yang baru dalam dirinya. Hal ini lebih condong ke arah positif. Hal ini bisa terjadi kapan saja, ada banyak faktor bisa saja faktor internal dan eksternal. Kalau yang saya alami saat ini yaitu faktor eksternal yang berasal dari tugas sehngga saya terbiasa melakukan perubahan diri. Perubahan diri dapat terjadi secara alami namun juga dapat terjadi dengan maksud dan tujuan tertentu.

Merubah diri memanglah bukan sesuatu yang mudah atau gampang untuk dilakukan , perlu komitmen dan usaha. Perubahan diri ini bertahap dan berproses dimulai drai hal yang kecil dan sederhana sehingga menjadi yang luar biasa.

Tugas dari mata kuliah pikologi inovasi ini telah mampu mengubah dii saya dari yang suka bangun siang dan tidak berlahraga kini saya terbiasa untuk bangun pagi walau hanya sekedar duduk atau bersih-bersih kamar. Namun saya mengalami perubahan drastis yaitu saya suka terjadap olah raga khusunya lari, bagi saya lari itu adalah olahraga paling efisien diantara olah raga yang lain, santai tidak membutuhkan modal dan bisadilakukan kapan saja. Namun perlu dipungkiri dalam pemilihan waktu lari pun juga harusdiperhatikan. Contohnya saya di awal lari jam 6 pagi besoknya malah saya sakit karena ada alergi dingin. Jadi kalau saya lari lebih baik diatas jam 8 karena sudah muncul matahari jadi bisa untuk menghangatkan badan.

Di minggu 1saya berlari selama 1 jam dan ditambah dengan push up selama 5x. Di minggu ke 2 saya lari lagi selama 65 dan ditambah dengan push up 8x. Di minggu ke 2 saya berlari selama 70 menit dan push up 11x. Jadi setap minggu saya akan ada penambahan waktu lari selama 5 menit serta push up sebanyak 3x. Begitupun seterusnya sampai selama 8 minggu. Namun di dalam menja;ankan ini semua saya mengalami kendala yaitu rencana saya untuk menambah waktu lari 5 menit setiap minggu nyatanya saya tidak kuat saya hanya bisa sampai 75 mnit jadi dari minggu ke 4-8 saya berlari stagnan di 75 menit. Tidak dapat dipungkiri selama 8 minggu ini kadang ada rasa malas dan merasa bahwa sepertinya saya tidak bisa namun saya sadar hal seperti ini memang harus dipaksa untuk bisa jadi terbiasa. Jadi saya berolahraga seperti ini selama 8 kali. Namun selain dari perubahan ini saya juga mengalami perubahan lain seperti terkadang saya suka lari pagi ketika hendak bekerja, kebetulan tempat kerja dan tempat tinggal saya hanya berjarak sekitar 500m. Jadi kadang saya berangkat lebih awal agar dapat lari terlebih dahulu.

Tabel perubahan diri

Minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

Lari

60

65

70

75

75

75

75

75

Push up

5

8

11

14

17

23

26

29

 








0 komentar:

Posting Komentar