28.12.23

aktif dalam kegiatan di desa



 ESSAY PRESTASI

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Nama :Ade Diah Palupi

NIM : 21310410081

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

gotong royong sudah menjadi tradisi sekaligus kebiasaan yang penduduk di Indonesia lakukan dar zaman dahulu.saat ini gotong royong kerap kali di jumpai pada Masyarakat pedesaan di seluruh Indonesia .kegiatan gotong royong bersifat sukarela jadi hanya warga warga yang peka dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sudah pasti akan mengikuti kegiatan gotong royong.

Menurut Koentjaraningrat  (Suprihatin, 2014), nilai gotong royong dalam kehidupan masyarakat mengisyaratkan konsep atau bentuk gotong royong di pedesaan.

1.     ketika ada upacara khitanan atau upacara pernikahan,  tidak hanya anggota  keluarga dan kerabat saja yang ikut membantu.

2.      Apabila meninggal dunia, kecelakaan, atau sakit, maka  tetangga  atau tetangga desa wajib memberikan nafkah kepada keluarga korban  dengan memberikan bantuan berupa kain kafan,  tenaga , dan perbekalan masu lainnya.

3.      Saat mengerjakan pekerjaan rumah , membangun rumah atau membangun sumur , tetangga  membantu dengan pekerjaan dan lain-lain.

4.      Bantuan tenaga kerja yang diberikan di bidang pertanian, yaitu pembukaan lahan, pengolahan tanah, dan pemanenan, dibayarkan kembali sesuai dengan bantuan yang diterima.Hal ini menciptakan sistem pertanian dengan pola gotong royong yang jelas dan berlandaskan timbal balik.

5.      Pekerjaan yang melayani kepentingan  umum, seperti:  Perbaikan jembatan, perbaikan jalan, dll.

6.     Berpartisipasi dalam memeriahkan dan mengadakan perlombaan di desa

 

Pada tanggan 12 desember saya melakukan kegiatan pelayanan Masyarakat yang di pimpin oleh perkumpulan pemuda di desa tempat saya mengekost yaitu desa  banguntapan Bantul .kegiatan ini merupakan kegiatan perlombaan turnamen voli antar desa yang di selenggarakan  .acara ini berlangsung pada tanggal 12-15 desember 2023.dalam kegiatan ini saya bertanggung jawab dan menjadi penanggung jawab bidang konsumsi.tugas saya ialah menyiapkan konsumsi bagi para panitia serta para pemain saat pertandingan berlangssung.

Meskipus saya termasuk pendatang saya sangat bersyukur bisa gabut memeriahkan dan menjadi bagian dari perkumpulan pemuda di desa.hal ini merupakan hal yang sangat positif bagi saya dalam hal berinteraksi dengan wraga desa dan menjadi pribadi yang lebih aktif . karna di jaman sekarng banyak sekali anak yang notabene mengekost namun tidak aktif dalam kegiatan di sekitar tempat tinggal nya ,tentu ini sangat di sayangkan.

Daftar Pustaka

Suprihatin, Ira. 2014. Perubahan Perilaku Bergotong Royong Masyarakat Sekitar Perusahaan Tambang Batubara di Desa Mulawarman Kecamatan Tenggarong Seberang. eJournal Sosiatri, 1 (3) 63- 77

0 komentar:

Posting Komentar