27.12.23

Psikologi Inovasi Eassay Prestasi_IKE PRASETYANI_22310420127

 

DPD AREBI DIY BERPERAN SERTA

DALAM AREBI SUMMIT 2023

Psikologi Inovasi

Eassay Prestasi Peranserta Dalam Kegiatan Komunitas Nasional

Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta MA


                                                   IKE PRASETYANI

NIM : 22310420127

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) menggelar perhelatan akbar tahunan The Biggest Real Estate Summit 2023 bertema  “A New Chapter of Real Estate Broker : Certified Or Unqualified” di Raffles Hotel pada Kamis 9 November 2023. Kegiatan ini disponsori oleh Bank BTN dan bertujuan untuk menambah skill, networking, dan new insight bagi SDM broker propert. Acara ini dikemas dalam talkshow dan seminar. Lukas Bong, ketua umum AREBI mengatakan, AREBI sebagai wadah para broker properti di Indonesia akan terus meningkatkan profesionalisme anggotanya, salah satunya melalui kegiatan  The Biggest Real Estate Summit 2023.

Saya Ike Prasetyani dari kantor Global Persada Realti sebagai Bendahara Pengurus DPD AREBI DIY 2023 turut serta berpartisipasi ikut dalam acara tersebut, sebagai perwakilan dari DPD AREBI DIY bersama dengan Ketua Ibu Rieta dari kantor ERA Property dan Sekertaris Ibu Umi dari kantor Mataram Realti.

Acara The Biggest Real Estate Summit 2023 bertepatan dengan perayaan HUT AREBI ke-31. Ketua Panitia The Biggest Real Estate Summit 2023 yang juga Sekretaris Jenderal AREBI Sulihin Widjaja menyampaikan, acara ini sangat berguna bagi agen properti dan mereka ingin terus maju, berkembang, bisa menghadapi tantangan dan bisa  meraih peluang ke depan di industri properti Indonesia. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri dan membuka The Biggest Real Estate Summit 2023 di Hotel Raffles Jakarta, Ciputra World, Kuningan, Jakarta. Mendag Zulhas mengatakan bahwa praktik broker properti diatur oleh Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag), khususnya Permendag No 51 tahun 2017. Pihaknya juga menyetujui usulan agar pelaku usaha di industri SDM broker properti tersertifikasi dan terstandarisasi agar terjamin kapasitasnya. Mendag Zulhas menyatakan harapannya agar sektor ini juga berkembang untuk peran memajukan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. "Kita memang mendukung agar bidang ini tumbuh untuk penyerapan tenaga kerja, melatih tenaga kerja menjadi profesional, dan juga tentu kalau industri berkembang, akan menjadikan ekonomi tumbuh," pungkasnya. 








Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan bangsa. Untuk itu, pelaksanaan sertifikasi profesi bagi SDM broker properti terus mendapatkan perhatian serius. AREBI sebagai wadah bagi SDM broker properti di Indonesia selalu menekankan pentingnya sertifikasi bagi yang berprofesi sebagai broker properti.  Selain bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen kepada SDM broker properti, sertifikat yang dimiliki juga menjadi bukti bahwa tenaga kerja SDM broker properti tersebut profesional dan berstandar nasional. Dampak selanjutnya, mereka akan mampu bersaing di pasar global. Apalagi persaingan antar SDM broker properti saat ini cukup ketat. Untuk memenangkannya, diperlukan keahlian khusus agar mampu menggaet konsumen. Dan itu bisa dicapai jika seorang SDM broker properti telah tersertifikasi. Harapan AREBI semua SDM broker properti memiliki sertifikat kompetensi agar dalam bekerja bisa sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan. Standar kompetensi tersebut juga berfungsi untuk menjembatani antara developer dengan buyer Warga Negara Asing (WNA), agar mereka tahu kebijakan dan peraturan tentang kepemilikan properti di Indonesia. 

 Materi hasil rapat terbuka dari AREBI SUMMIT 2023 ini akan saya bagikan kepada anggota DPD AREBI DIY yang terdiri dari 16 kantor agen property. Ilmu dan wawasan yang diberikan Menteri Perdagangan Pak Zulhas akan menjadi barometer pergerakan kantor property di DIY, harapannya ketika ada aturan dan sertifikasi SDM broker property akan lebih terdidik, terlatih dan profesional dalam bekerja yang akan menumbuhkan kepercayaan pemakai jasa property sehingga menciptakan bisnis property yang sehat dan lebih berkembang.


Referensi :

https://mediaindonesia.com/ekonomi/628476/1000-tiket-terjual-dalam-gelaran-arebi-the-biggest-real-estate-summit-2023

https://investor.id/business/345574/arebi-gelar-the-biggest-real-estate-summit-2023



0 komentar:

Posting Komentar