27.12.23

Essay 5 - partisipasi psikologi inovasi - fariha aulia syahda -

  Psikologi Inovasi

ESSAY PARTISIPASI LOMBA

Fariha Aulia Syahda

21310410092

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi Fakultas Psikologi

Proklamasi 45

Yogyakarta


Menurut Waluyo dkk (2012) lari ialah salah satu gerakan dasar manusia yang mempunyai peranan penting, bisa dalam kehidupan sehari-hari ataupun olahraga. Sprint atau bahasa lain dari lari cepat membutuhkan reaksi yang cepat, akeselerasi yang bagus, serta jenis lari yang efisien. Dalam mencapai hasil yang baik atau maksimal dalam lari memerlukan penguasaan teknik start teknik lari, serta teknik untuk melewati garis finish (Syaifudin, 1992).

Dalam hal ini penulis mengikuti suatu perlombaan dengan nama lomba “Runtasthic Fair 5K” yang diadakan oleh KOPMA UNY diselenggarakan pada 8 Oktober 2023 dengan jarak 5KM. Perlombaan ini diikuti lebih dari 1000 peserta lebih dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Kalimantan, Bandung, Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Rata-rata yang mengikuti perlombaan ini banyak dari kalangan mahasiswa, penulis begitu sangat antusias untu mengikuti perlomabaan ini, selain menambah semangat untuk berolahraga juga bersemangat karena bisa bertemu dengan banyaknya orang. Penulis berhasil menyelesaikan perlombaan lari dalam waktu kurang lebih 1 ½ jam untuk mencapai garis Finish. Meskipun belum masuk pada kategori 3 besar akan tetapi penulis juga merasa bangga karena sudah bisa berpartisipasi pada lomba ini.

Puisi adalah sebuah karya kreatif yaitu karya yang lahir dari kreativitas penulisnya (Citraningrum, 2016). Menulis puisi adalah sebuah bentuk seni yang memungkinkan kita untuk mengekspresikan perasaan dan pemikiran kita melalui kata-kata yang indah. Puisi biasanya terdiri dari beberapa baris atau bait yang diatur dalam pola tertentu, seperti rima atau irama.

Dalam hal ini penulis mengikuti suatu perlombaan yang diadakan oleh penerbit Kertassentuh yaitu dengan tema “IBU”. Penulis berusaha untuk menyusun pusi dimulai dari bait perbaitnya. Penulis membuat puisi dengan berdasarkan kepada curahan hati yang dirasakan atau perasaan yang ingin disampaikan terkhusus untuk tema kali ini adalah IBU. Curahan hati tersebut disusun dengan diksi-diksi agar bahasanya bisa terlihat lebih bagus dan menarik. lalu setelah puisi disusun jadilah sebuah karya yang siap untuk dilombakan. Penulis merasa bangga karena dari hasil tersebut penulis mendaptkan kategori sebagai penulis terpilih untuk Lomba Cipta Puisi nasional dari 300 peserta. Penulsi merasa bersyukur dan akan terus mengembangkan bakat ini secara terus menerus.




Daftar Pustaka

Citraningrum, D. M. (2016). Menulis puisi dengan teknik pembelajaran yang kreatif. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Syarifuddin, A. 1992. Atletik. Jakarta:Depdikbud

Waluyo, M., & Rahayu, S. (2012). Pengaruh Latihan Lompat Kijang Terhadap Kecepatan Lari. Journal of Sport Science and Fitness, 1(1).

0 komentar:

Posting Komentar