27.12.23

Essai 6 Perubahan Diri melalui Jalan Kaki

 

Essai 6 Perubahan Diri melalui Jalan Kaki

Nisa Nur Lathifah

21310410068

Kelas Sabtu Pagi

Dosen Pengampu  Dr. Arundati Shinta, MA

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Perubahan diri mengacu pada proses pertumbuhan atau perubahan pribadi dalam berbagai aspek kehidupan, seperti: Fisik, mental, emosional, dan sosial. Ini termasuk perkembangan positif atau negatif yang dapat disebabkan oleh pengalaman, pembelajaran, dan perubahan lingkungan. Aktivitas fisik salah satunya.  Aktivitas fisik terbukti meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Latihan fisik, terutama jika dilakukan secara rutin, memberikan kesegaran fisik atlet secara keseluruhan. Penampilan cantik dengan kulit yang sehat dan bersinar jelas merupakan suatu kelebihan, selain itu otot-otot tubuh menjadi lebih kuat dan mampu menahan pekerjaan berat tanpa cepat lelah yang berarti daya tahan tubuh meningkat.

            Salah satu aktivitas fisik yang mudah untuk dilakukan adalah dengan jalan kaki dalam kurun waktu tertentu dan dengan jarak yang dapat dijangkau mampu meningkatkan peningkatan aliran darah ke struktur tulang belakang, memperbaiki postur dan fleksibilitas, yang penting untuk kesehatan tulang belakang, mencegah osteoporosis. Jalan kaki  tidak hanya memperkuat otot tubuh tetapi juga kesehatan tulang. Selain itu, jalan kaki selama 30 menit setiap hari yang diimbangi dengan pola makan sehat dapat membantu menurunkan risiko obesitas.

            Di bawah ini merupakan tabel progres kegiatan jalan kaki yang telah saya lakukan :



grafik progres jalan kaki 1

 

Kegiatan jalan kaki ini saya mulai lakukan pada tanggal 1 Oktober 2023 dan berakhir pada 19 November 2023. Saya memilih kegiatan perubahan diri dengan jalan kaki karena mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Awalnya saya berjalan di sekitar tempat kerja saya dengan mengelilingi sekitar tempat kerja saya, memang terasa berat pada awalnya karena belum terbiasa. Namun semakin lama semakin terasa lebih ringan. Agar tidak merasa bosan, saya berganti-ganti tempat dalam melakukan jalan kaki. Setelah melakukan kegiatan jalan kaki secara rutin setiap minggunya, perubahan yang saya rasakan adalah tubuh menjadi lebih sehat, mood lebih terjaga, lebih produktif, dan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas, selain itu saya mengalami penurunan berat badan. Meskipun tidak terlalu banyak namun sangat membanggakan.

Saya merasa kegiatan olahraga tidak perlu dilakukan dengan biaya yang mahal dan lokasi yang jauh. Olahraga dapat dilakukan dengan rutin jalan kaki, melakukan aktivitas sehari-hari, hingga lari. Kesadaran pentingnya berolahraga harus ditanamkan dalam diri sendiri agar lebih mudah dalam melakukan olahraga dan tanpa paksaan dari siapapun. Meskipun begitu, kesibukan yang dilakukan membuat saya menjadi lupa atau malas dalam melakukan olahraga. Oleh karena itu, perlu membuat jadwal agar kegiatan berolahraga dapat berjalan secara teratur.

Dari kegiatan perubahan diri selama 8 minggu dapat saya simpulkan bahwa, olahraga tidak perlu harus mengeluarkan biaya yang mahal dan ke tempat yang jauh, namun dapat dilakukan dengan sederhana seperti jalan kaki secara teratur. Olahraga sangat penting bagi manusia, selain untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga mampu membuat seseorang menjadi lebih bahagia, lebih produktif, dan bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Kita harus sadar bahwa olahraga itu sangat penting bagi kehidupan kita, karena jika tidak berolahraga secara teratur, tubuh akan jadi lebih mudah sakit, mood kurang baik, tidak bersemangat, hingga menjadi pribadi yang mudah marah. Semoga kegiatan perubahan diri dengan olahraga ini tetap terus berjalan dan memperoleh manfaat positif yang lebih banyak lagi.


  

 

Sumber :

Kalangi, S. J. (2014). Perubahan otot rangka pada olahraga. Jurnal Biomedik: JBM6(3).

https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/apa-yang-terjadi-pada-tubuh-jika-rajin-jalan-kaki-tiap-hari#:~:text=Berjalan%20kaki%20mendorong%20perbaikan%20sirkulasi,%2C%20melainkan%20tulang%2Dbelulang%20juga.

 


0 komentar:

Posting Komentar