28.12.23

 ESSAY PRESTASI 

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN MENTAL


Mustika Febriani
21310410004
PsikologiSJ

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta 

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakart

Apa itu Kesehatan mental? Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial kita. Hal ini mempengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak, serta membantu menentukan cara kita menangani stress, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Pemikiran, suasana hati dan perilaku anda dapat terpengaruh masalah Kesehatan mental.

Mengapa menjaga Kesehatan mental sangat penting?

Saat Kesehatan mental terjaga, seseorang akan lebih mudah dalam menangani stress, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Dalam setiap-setiap kehidupan, Kesehatan mental penting untung terus dijaga, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa.

Kesehatan mental merupakan aspek penting yang seringkali terabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagi remaja, menjaga Kesehatan mental bagi remaja memiliki peranan penting untuk memastikan perkembangan yang sehat dan kualitas hidup.

Beberapa alasan Kesehatan remaja perlu dijaga antara lain :

-          Mampu bangkit Kembali dari perasaan kecewa dan kesal

-          Merasa lebih Bahagia

-          Memiliki rasa pencapaian

-          Banyak ikut serta dalam kegiatan sosial

-          Mampu menjadi bagian dari komunitas

Selain itu, Kesehatan mental pada anak yang terjaga dengan baik juga dapat mendukung Kesehatan fisiknya. Hal ini membuatnya menjadi lebih aktif dan sehat, sehingga memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan beristirahat yang cukup.

Alasan saya mengikuti perlombaan ini adalah, karena sekarang banyak sekali remaja yang memiliki gangguan gangguan mental sehingga mereka yang hanya banyak diam tidak memiliki tempat untuk bercerita melampiaskan amarah atau emosinya melalui hal-hal yang sangat berbahaya.


Mereka banyak mengalami depresi namun keadaan sekitar tidak mendukung mereka untuk sembuh sehingga membuat mereka semakin kehilangan harapan. Minimnya pengetahuan tentant mental health membuat banyak orang mengesampingkan yang Namanya Kesehatan mental.

 


0 komentar:

Posting Komentar