28.12.23

Essay 6 Psikologi Inovasi, dosen pengampu: Arundati Shinta. Tiyana Arum Sari / 21310410073

 Perubahan Diri

Lompat Tali dan Squat Jump


Kesehatan rohani dan jasmani sangat penting bagi kehidupan. Dengan menerapkan olahraga yang teratur minimal 1 kali dalam seminggu sangat mempengaruhi kebugaran jasmani. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Beberapa manfaat olahraga bagi Kesehatan tubuh. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Saat berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Olahraga adalah semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai. Olahraga pada umumnya bertujuan untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan efek relaksasi ke orang yang melakukan olahraga dan hiburan ke orang yang menonton. 

Lompat tali adalah olahraga yang akan melatih seluruh tubuh, sehingga olahraga ini akan membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Ada beberapa manfaat lompat tali yang perlu kamu ketahui, antara lain: Mengurangi Cedera Kaki dan Pergelangan Kaki. Lompat tali juga dapat menambah tinggi badan jika dilakukan diusia pertumbuhan. Olahraga lompat tali banyak dilakukan dengan kaki, maka otot kaki kamu akan menjadi lebih kencang. Tak hanya otot kaki, tapi otot betis, paha, hingga bokong juga akan terlatih menjadi lebih kuat. Jika otot menjadi lebih kuat, bentuk tubuh pun akan menjadi lebih baik.

Squat jump merupakan gerakan olahraga dari posisi berdiri lalu jongkok. Gerakan dimulai dengan posisi awal tubuh berdiri dengan kaki terbuka lebar dan tangan diletakkan di belakang kepala. Kemudian melompat ringan dan mendarat dalam posisi setengah jongkok hingga lutut tertekuk. Gerakan ini dilakukan berulang kali. Squat jump adalah latihan yang dapat meningkatkan kelincahan dan kekuatan serta membantu meningkatkan kemampuan lompatan vertikal seseorang. Latihan ini sering digunakan sebagai gerakan awal untuk mengembangkan kemahiran dalam lompat vertikal, lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat kotak.

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

115

65

70

60

65

70

70

75

X

304

418

458

490

515

536

550

600

Squat Jump

10

15

20

25

30

35

40

45











0 komentar:

Posting Komentar