28.12.23

PESIMIS MENJADI OPTIMIS DALAM PERUBAHAN DIRI

 PESIMIS MENJADI OPTIMIS DALAM PERUBAHAN DIRI

Ujian Akhir Semester Psikologi Inovatif

Rahayu Nur Kholifah 21310410079

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta., MA



Sikap pesimis adalah pemikiran yang cenderung menilai sesuatu hal dengan sudut pandang yang buruk, fokus hanya pada kegagalan dan sulit untuk percaya akan hasil yang positif (Seligman, 1991). Sikap optimis adalah pemikiran yang cenderung menilai sesuatu hal dengan sudut pandang yang baik, percaya dengan hasil dan keberhasilan dapat dicapai. perubahan terjadi  karena  adanya  ketidakseimbangan antara  kekuatan  pendorong (driving  force) dengan    kekuatan    penahan (restraining force).  Perubahan  terjadi  ketika kekuatan pendorong (driving force) lebih besar daripada kekuatan penahan (restraining force), terjadi perubahan. 

Agar dapat mencapai perubahan sikap dari pesimis ke optimis dengan berlatih berpikir secara positif. Ada beberapa teknik dalam berpikir positif yang dikembangkan oleh Ellis yaitu model A-B-C dimana A (adversity) situasi yang tidak mengenakan, B (belief) sebuah keyakinan pada peristiwa yang terjadi, C (consequences) resiko atau konsekuensi pada peristiwa yang terjadi. Dampaknya jika terjadi perubahan sikap pesimis menjadi optimis akan membentuk diri serta cara berpikir lebih positif, selain itu berdampak pada kualitas hubungan menjadi lebih mudah terbuka, dapat bekerja sama. 

Lima variabel mempengaruhi persepsi: budaya, status sosial ekonomi, usia, agama, dan interaksi antara peran gender, desa atau kota, dan suku (Sarwono, 1995) yang dikutip dalam shinta, 2013. Persepsi mahasiswa mengenai hal perubahan diri atas instruksi dosen adalah karena hal itu bagian dari tugas yang wajib mahasiswa lakukan, dimana dalam hal tersebut dominan mahasiswa akan melaksanakan instruksi perubahan diri. 

Evaluasi mahasiswa mengenai sikap yang dilakukan untuk perubahan diri dalam teori Martin Seligman ada mahasiswa yang merasa menjadi lebih baik saat melakukan perubahan diri dengan olahraga hal itu dikarenakan adanya emosi positif yang terbentuk dalam diri sehingga setelah melakukan olahraga selama 8 minggu merasa menjadi lebih baik dari biasanya. Beberapa mahasiswa merasa merasa kesulitan melakukan perubahan diri selama 8 minggu hal tersebut dapat disebabkan hilangnya emosi positif, tidak adanya makna dan tujuan untuk perubahan diri, dan bisa terjadi karena learned helplessness yang tidak sampai pada sikap optimisme. Perubahan diri sangat berpengaruh terhadap bagaimana cara berpikir, emosi, motivasi dan tujuan. Ketika mahasiswa memunculkan sikap pesimis saat proses melakukan perubahan diri jika terfokus pada tujuan, memiliki motivasi dan kesadaran diri maka hal itu akan membawa kepada sikap optimis kegiatan tersebut dapat berkelanjutan dengan syarat disiplin dan konsisten. Disiplin adalah proses belajar yang menghasilkan ketertiban dan pengendalian pada diri, kedisiplinan juga suatu kondisi yang dihasilkan dan dibentuk melalui tindakan yang menunjukkan nilai-nilai keteraturan. Bukan hal yang mudah untuk mendisiplinkan diri, banyak terjadi alasan-alasan yang tidak bisa dikatakan salah ketika kegiatan tersebut tidak berkelanjutan maupun berkelanjutan, banyaknya penyebab kegiatan tidak berkelanjutan karena waktu, mood, dan yang sering menyerang adalah rasa malas. Maka hal itu kembali pada syarat dengan membiasakan sikap disiplin dan konsisten untuk bisa melakukan kegiatan perubahan diri dan menanamkan rasa optimis dengan cara belajar berpikir positif atau dengan melakukan teknik yang dijelaskan. Sikap pesimis seseorang akan beralih pada sikap optimis jika sudah terbiasa menerapkan teori yang di kemukakan oleh tokoh Martin Seligman bagaimana membentuk emosi positif, memaknai sebuah tujuan dalam perubahan dan keterlibatan diri dalam aktivitas yang menyenangkan. 


Referensi : 

Lestari, A. (1998). PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENANGANI SIKAP PESIMIS DAN GANGGUAN DEPRESI. Jurnal Psikologi, 1, 1-9.

Shinta, A. (2013). Persepsi terhadap lingkungan. Kupasiana. Retrieved from:

http://kupasiana.psikologiup45.com/2013/04/persepsi-terhadap-lingkungan.html

Ph.D., J. S. (2016, Oktober). Teori Psikologi Positif Martin Seligman. Positive Psychology. Retrieved Desember Kamis, 2023, from https://positivepsychology-com.translate.goog/positive-psychology-theory/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc


0 komentar:

Posting Komentar