21.12.23

PERUBAHAN DIRI UNTUK KESEHATAN JASMANI DAN DIMULAI DENGAN MEMBIASAKAN DIRI

 

PERUBAHAN DIRI UNTUK KESEHATAN JASMANI DAN DIMULAI DENGAN MEMBIASAKAN DIRI

Essay 6 Psikologi Inovasi

Meylita Ayu Herbafalony

NIM : 21310410084

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



            Kebiasaan adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang dan menjadi suatu kebiasaan karena telah menjadi bagian dari rutinitas atau pola hidup seseorang. Kebiasaan dapat berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, termasuk cara berpikir, cara bertindak, atau cara merespons suatu situasi. Kebiasaan dapat berdampak positif atau negatif tergantung pada sifat kebiasaan tersebut. Kebiasaan baik seperti olahraga yang Saya lakukan yaitu olahraga berenang, yang dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan. Perubahan kebiasaan sering kali melibatkan kesadaran diri, motivasi, dan usaha yang berkelanjutan. Membentuk kebiasaan positif dan mengubah kebiasaan negatif dapat menjadi langkah penting dalam mencapai tujuan pribadi dan kesejahteraan. Kebiasaan yang Saya lakukan adalah merubah kebiasaan olahraga yang dahulunya tidak rutin, sekarang menjadi rutin berolahraga. Olahraga sendiri merupakan suatu kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur dengan tujuan untuk menjaga atau meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan serta melibatkan gerakan tubuh yang terencana dan dilakukan dengan intensitas tertentu. Olahraga yang Saya lakukan adalah olahraga berenang. Menurut KBBI, berenang diartikan sebagai aktivitas menggerakkan badan melintasi air, termasuk mengapung, menyelam, dengan menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor, dan sebagainya. Dalam konteks manfaat bagi tubuh manusia, dari segi fisik, berenang dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu, secara psikologis, berenang juga dapat bermanfaat untuk mengurangi stres dan menciptakan ketenangan batin pada individu yang menjalankan aktivitas renang.

            Perubahan diri yang Saya lakukan adalah melaksanakan kegiatan olahraga berenang secara konsisten dan teratur, yaitu melakukan kegiatan berenang secara tekun satu minggu sekali di kolam berenang “Umbang Tirta” dengan kedalaman air kolam satu (1) meter dan panjang kolam berenang 6 meter pada sore hari, Saya melakukan kegiatan olahraga berenang ini diantara hari Sabtu atau Minggu. Saya melakukan kegiatan berenang dengan gaya bebas atau freestyle. Alasan Saya melakukan kegiatan olahraga berenang ini karena Saya memiliki hobi berenang sejak usia 10 tahun, namun Saya tidak melakukan olahraga berenang tersebut secara rutin, sehingga Saya mendapatkan motivasi dengan adanya tugas essay ini yang mendorong Saya menjadi rutin dan konsisten melaksanakan kegiatan olahraga berenang tersebut. Adapun tabel ataupun data dalam kegiatan berenang yang Saya lakukan adalah sebagai berikut.

Tabel 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Olahraga Berenang

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

60

63

68

75

77

79

88

90

J

32

35

41

50

53

58

64

68

Catatatan: M: Minggu   W: Waktu   J: Jumlah

 

Grafik 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Olahraga Berenang

 

            Pada tabel satu (1) dan grafik satu (1) menjelaskan bahwasanya terdapat perubahan yang terus meningkat dari hasil kegiatan olahraga berenang yang telah Saya lakukan. Pertama kali Saya lakukan pada 21 Oktober 2023 dengan waktu berenang adalah 60 menit dan menghasilkan 32 putaran berenang secara berulang, kegiatan berenang tersebut rutin saya lakukan selama 8 minggu, dan yang terakhir asaya mendapatkan kemajuan di dalam berenang yaitu dengan waktu 90 menit Saya mendapatkan hasil dengan 68 putaran berenang secara berulang. Sehingga, Saya memiliki duatu dorongan untuk perubahan diri menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan kebiasaan yang konsisten dan rutin yang dapat berdampak positif bagi kesehatan jasmani dan rohani Saya, seperti dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan kekuatan jantung, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang berbahaya bagi tubuh.

 

REFERENSI :

Nurfadila, N., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2021). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 013 Muara Jalai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian7(3), 194-197.

Erlistiana, D., & Andani, M. (2020). Efektivitas Olahraga 3B (Berenang, Berkuda, Berpanah) sebagai Sarana Dakwah Islam. Busyro: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam2(1), 1-8.

 

0 komentar:

Posting Komentar