22.12.23

Berani Memulai Untuk Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Perubahan Diri (Essay 6)

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Di susun oleh: Faiza Cleary Flannery (21310410048)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Perubahan Perubahan diri adalah proses di mana seseorang melakukan hal baru dalam dirinya. Perubahan diri biasanya mengarah pada hal positif, yaitu bagaimana seseorang dapat membuat perubahan dalam dirinya menjadi lebih baik. Perubahan diri juga dapat diartikan sebagai adanya kepercayaan-kepercayaan baru yang mengambil tempatnya bersamaan dengan kepercayaan-kepercayaan lama. Ketika kepercayaan-kepercayaan baru itu menjadi lebih kuat, mereka memberi cara yang berbeda untuk berpikir, merasa, dan bertindak. Perubahan diri dimulai dari mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Tidak semua individu dapat mengenal dirinya dengan baik. Sehingga akan sulit dilakukan perubahan jika kita tidak tau apa yang harus diubah dari diri kita, mengapa diubah?, adakah motivasi yang mendukung terjadinya perubahan?, dan apa yang akan terjadi setelah dilakukan perubahan?.

Perubahan diri juga bisa dikatakan sebagai perubahan perilaku. Sedangkan perubahan perilaku sendiri merupakan proses perubahan yang dialami oleh seseorang berdasarkan apa yang telah didapatkan dan dipelajarinya melalui berbagai sumber seperti keluarga, teman, lingkungan ataupun diri sendiri. Kali ini perubahan diri yang saya lakukan merupakan perubahan perilaku dimana saya mendapatkan dorongan atau motivasi yang bersumber dari tugas perkuliahan. 

Mahasiswa diminta untuk melakukan perubahan diri selama 8 minggu dengan berolahraga. Olahraga yang saya pilih disini yaitu jogging. Saya memilih jogging karena menurut saya olahraga tersebut yang paling murah, gratis dan mendapatkan banyak bonus. Bonusnya yaitu bisa menghirup udara segar di pagi hari, banyak bertemu orang baru, jika tempat joggingnya di daerah pedesaan sangat beruntung karena bisa melihat pemandangan hijau-hijauan atau sawah, dll. Jogging bisa menjadi jalan pintas untuk melakukan perubahan diri dan menjadi rutinitas sehari-hari.


Minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

Waktu (Menit)

60

65

65

70

65

75

75

85

Jarak (Km)

3,5

4

4,9

5

5,8

6

6,5

7



Saya melakukan jogging seminggu sekali, pada hari Sabtu atau Minggu karena di hari tersebut perkuliahan libur dan memang hari weekend jadi pekerjaan juga tidak begitu padat. Jadwal jogging saya yaitu pada jam 06:00 WIB, saya tidak hanya melakukan jogging saja tetapi saya juga melakukan pemanasan sebelum jogging mengantisipasi agar tidak terjadi cedera saat jogging. Jalur yang saya lalui saat jogging adalah memutari pedesaan di daerah rumah saya. Perubahan diri ini saya lakukan secara konsisten selama 8 minggu berturut-turut dan berkelanjutan sampai sekarang. Pada awalnya memang terasa berat dan malas-malasan tetapi seiring berjalannya waktu jogging saya lakukan dengan senang hati dan terasa lebih ringan. Misi 8 minggu perubahan diri saya mulai pada 08/10/2023 sampai dengan 26/11/2023. Perubahan diri ini membuat saya menjadi lebih memperhatikan kesehatan tubuh dan memberikan banyak dampak positif terhadap diri saya. Dampak positif tersebut adalah meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, mood menjadi lebih baik, serta mengurangi risiko stres dan depresi. Dengan jogging juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, memperkuat jantung dan tulang, menurunkan risiko penyakit kronis dan tekanan darah, serta menjaga berat badan tetap terkendali.
















0 komentar:

Posting Komentar