22.12.23

Essay 5 Partisipasi Lomba

     PSIKOLOGI INOVASI

Essay 5 Partisipasi Lomba 

 Oleh :

Rizki Amelia Saputri (21310410035)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45  

 


Lomba merupakan salah satu cara untuk meningkatkan potensi diri, tanpa adanya kompetisi atau kompetisi untuk meraih prestasi maka kita tidak akan mengetahui potensi yang dimiliki setiap orang, kita memerlukannya secepatnya agar kita mempunyai potensi dan kualitas. Jangan lupa dalam mengikuti kompetisi kita harus menyesuaikan dengan hobi  atau kemampuan kita.   

Caranya adalah dengan terus berlatih memperdalam kemampuan kita, perlahan-lahan mengikuti berbagai aktivitas yang kita lakukan, memilih barang yang kita miliki, menemukan karakter dan kemampuan kita. Ingatlah untuk selalu menggalinya agar hasilnya  maksimal.

Untuk meningkatkan pengetahuan, meningkatkan kesadaran dan mendorong tindakan yang mendukung dan melindungi kesehatan mental setiap orang sebagai hak asasi manusia universal. Kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang universal"   

Kesehatan mental adalah hak asasi manusia yang mendasar bagi semua orang. Setiap orang berhak atas  kesehatan mental terbaik, tidak peduli siapa mereka atau di mana pun mereka berada. Hal ini mencakup hak untuk dilindungi dari risiko kesehatan mental, hak atas layanan yang tersedia, dapat diakses, dapat diterima, dan berkualitas, serta hak atas kebebasan, kemandirian, dan partisipasi dalam masyarakat.  

Kesehatan mental yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Namun, satu dari delapan orang di  dunia menderita masalah kesehatan mental, yang dapat memengaruhi kesehatan fisik, kesejahteraan, cara mereka berinteraksi dengan orang lain, dan mata pencaharian mereka. Masalah kesehatan mental juga  semakin banyak menimpa remaja dan generasi muda.

Dalam konteks internasional, Hari Kesehatan Mental Sedunia mengadvokasi perlindungan dan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan mental individu serta memberikan penekanan yang lebih besar pada penciptaan komunitas dan masyarakat yang mendukung kesetaraan dan kesetaraan kesehatan mental.

Pada tanggal 10 Oktober, penulis mengikuti Lomba Video HKJS 2023 (Lomba Video Hari Kesehatan Jiwa Sedunia). Lomba ini di adakan dalam rangka memperingati hari Kesehatan Mental Sedunia. Yang di selenggarakan oleh Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi. Tidak hanya lomba video saja, tetapi di hari Kesehatan Mental Sedunia ini juga diadakan jalan santai. Adapun tema dari Lomba Video HKJS 2023 yaitu “Stop Stigma, Ayo Pulih dan Hidup Produktif Bersama Karena Sehat Jiwa adalah Hak Asasi Manusia Secara Universal”. Video tersebut di upload di media sosial yaitu di Instagram. 

Pada lomba ini penulis belum bisa memenangkan perlombaan Video HKJS 2023 yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi. Semoga perlombaan selanjutnya bisa menampilkan lebih baik lagi dari sebelumnya. Adapun sertifikat penghargaan  yang telah diberikan seperti yang terlampir di bawah ini. 

 

 


Pada perlombaan kedua penulis mengikuti lomba Cipta Puisi & Cerpen Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Bara Pustaka Group. Lomba ini diadakan pada tanggal 27 Oktober 2023. Adapun lomba yang penulis ikuti yaitu Cipta Puisi. Menulis atau mencipta Puisi adalah hal yang baru buat penulis. Baru kali ini penulis mengikuti dan tertarik pada lomba tersebut. Penulis mencoba melakukan hal yang baru dan mempelajari hal yang baru seperti dengan menulis. Walaupun belum bisa menjadi juara dan belum bisa terpilih untuk karya yang dibukukan. Penulis bisa mendapatkan pengalaman baru dan pembelajaran baru. Penulis menyadari kalau dia punya bakat dalam menulis mungkin hanya perlu di latih dan di asah lagi untuk bisa memunculkan bakat tersebut. Untuk Evaluasi Diri, penulis akan belajar lagi dan mengasah lebih dalam lagi dari pengalaman dalam mengikuti Lomba Cipta Puisi ini semoga ke depannya bisa memberikan karya-karyanya. Adapun sertifikat penghargaan yang telah diberikan seperti yang terlampir di bawah ini. 

 

0 komentar:

Posting Komentar