22.12.23

Essay 6 Perubahan Diri

                         PSIKOLOGI INOVASI

Essay 6 Perubahan Diri

 Oleh :

Rizki Amelia Saputri (21310410035)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

 


Olahraga yang baik dan benar  dapat menjadikan tubuh sehat dan kuat, oleh karena itu sebaiknya jangan menyerah untuk mengembangkan seseorang melalui olah raga. Hal ini menjadikan pentingnya pendidikan jasmani bagi masyarakat, yang harus memahami bahwa dalam memilih dan melakukan kegiatan, seseorang harus menyesuaikan diri semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuannya. Kebugaran jasmani yang baik dicapai melalui aktivitas jasmani yang cukup dan merupakan modal penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

Jogging merupakan salah satu bentuk olah raga dengan cara berjalan kaki atau jogging. Manfaatnya sangat besar  terutama bagi kesehatan tubuh. Jogging melibatkan gerakan yang konstan sehingga membutuhkan banyak energi.   

Jogging merupakan olah raga yang murah  dan dapat dilakukan oleh semua umur. Jogging juga digunakan sebagai pemanasan atau pendinginan pada olahraga lain, seperti sepak bola dan olahraga lainnya. Jogging memang cara yang paling mudah dan terbaik untuk kesehatan tubuh, namun jika salah menggunakan cara justru bisa memperburuk kesehatan. Jogging sebaiknya dilakukan secara perlahan, dengan sedikit usaha selama seratus meter pertama  untuk menghangatkan otot.

Saya melakukan perubahan diri dengan joging setiap seminggu sekali. Saya melakukan joging setiap hari jum’at pagi pada pukul 05.00 WIB. Saya memulai melakukan joging pada tanggal 22 September 2023 – 11 November 2023 dengan rute depan kost mengelilingi daerah Babarsari. Melakukan perubahan diri ini saya tidak sendiri, saya berdua dengan teman yang juga melakukan perubahan diri sebanyak 8 kali berturut-turut. Saya melakukan perubahan diri ini secara konsisten. Saya memilih melakukan perubahan diri di daerah dekat kost saja biar menghemat tanpa mengeluarkan biaya. Melakukan joging bisa Dimana saja dan gratis. Perubahan diri saya bisa dilihat dari tabel dan grafik di bawah ini. 

Laporan kemajuan kegiatan Joging

Minggu

4

5

6

7

8

Waktu

(Menit)

60

61

60

60

62

60

60

61

Jarak

(Km)

4,13

4,56

4,29

4,35

4,68

4,60

4,56

4,46




Dari perubahan diri yang sudah saya lakukan yaitu bisa merasakan perubahan tersebut seperti menjadi pribadi yang lebih baik, bangun lebih pagi, dapat mengatasi rasa malas, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

 

Sumber: 

Arini, R. A. (2019). Pengaruh Jogging Terhadap Perubahan Kadar Glukosa Darah Pada Atlet Hoki Fik Unm (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

0 komentar:

Posting Komentar