22.12.23

Essay Prestasi

 PSIKOLOGI INOVASI

Essay Prestasi 

 Oleh :

Rizki Amelia Saputri (21310410035)

Kelas Reguler

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45


 

Mahasiswa membutuhkan wadah untuk menyalurkan bakat dan minatnya untuk pengembangan diri. Tanpa  wadah untuk mengembangkan bakatnya, siswa akan terbuang percuma. Pengembangan potensi peserta didik difasilitasi oleh wadah dimana mereka dapat mengembangkan potensinya baik dari segi minat dan keterampilan, mengembangkan pemikiran kritis dan solusi, serta mengembangkan pengetahuan intelektualkualitas mahasiswa  sehingga mahasiswabiasa menjadi mahasiswa yang berguna dan berharga. Selalu ada kegiatan di lingkungan kampus untuk meningkatkan potensinya. Seperti halnya Universitas Proklamasi 45 YogyakartaUniversitas Proklamasi  45 memiliki beberapa wadah yang menyimpan potensi dan tempat  untuk meningkatkan potensi  di  bidang non akademik, seperti HM dan UKM. Salah satunya  HIMAPSI UP 45 (Himpunan Mahasiswa Psikologi) yang mempunyai program kerja untuk meningkatkan potensi mahasiswa.

Adapun struktur organisasi dari HIMAPSI yaitu; Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendahara dan beberapa Departemen yang diantaranya ada Departemen Personalia, Departemen Sosial & Agama, Departemen Komunikasi & Informasi, Departemen Humaris, Departemen Research and Development, dan Departemen Dana Usaha. 

Penulis mengikuti salah satu HM yang ada di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yaitu HIMAPSI UP 45, yang dimana penulis sebagai Staff Departemen Komunikasi & Informasi. Yang bergerak di bidang Publikas, Komunikasi dan Sarana Infornasi bagi mahasiswa aktif Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta maupun masyarakat luas melalui media online. Tugas lain dari departemen Kominfo yaitu turut membantu Departemen lain dalam menjalankan program kerjanya, seperti publikasi dan dokumentasi serta menjalin komunikasi baik antar Himpunan Mahasiswa Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta baik intra maupun ekstra. Bentuk informasi yang ditampung tidak hanya kegiatan yang dilakukan oleh HIMAPSI UP45, tetapi juga informasi yang berkaitan dengan Dunia Psikologi secara luas. 

Platform yang digunakan dalam mendukung program kerja yaitu; 

Instagram: @himapsi_up45

E-mail: himapsi21@gmail.com

YouTube: Himapsi UP45 yk

Masa jabatan priode 2022/2023 dimulai pada tanggal 23 Desember 2022 dan jabatan priode 2022/2023 berakhir pada tanggal 12 November 2023. Penulis sangat senang telah mengadi selama 1 priode di HIMAPSI dan mendapatkan banyak pengalaman, pembelajaran, dan dapat meningkatkan potensi yang dimiliki oleh penulis selama menjabat sebagai Staff Departemen Kominfo HIMAPSI Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. 

Daftar Pustaka 

Hardiansah, M. F. (2019). Hubungan Keaktifan Berorganisasi Dan Budaya Organisasi Dengan Prestasi Akademik Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Periode 2017. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(1), 47-54.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar