21.12.23

Essay 6 Perubahan Diri Mencapai Perubahan Positif Melalui Olahraga Jogging

 

Essay Perubahan Diri

Mencapai Perubahan Positif Melalui Olahraga Jogging

Disusun Oleh: Tiyas Wulandari

NIM: 21310410108

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Olahraga jogging bukan hanya sekadar aktivitas fisik, tetapi juga merupakan tindakan yang efektif untuk menciptakan perubahan positif dalam diri seseorang. Dalam menjalani rutinitas jogging penting sekali menerapkan sikap konsisten dan mental yang kuat untuk mencapai sebuah perubahan diri. Aktivitas fisik seperti olahraga jogging yang terencana dan teratur serta dilakukan secara rutin, sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik (Majid, 2020).

Konsistensi dalam olahraga jogging menciptakan kebiasaan sehat yang memberikan dampak jangka panjang pada tubuh. Tubuh yang aktif melibatkan otot, paru-paru, dan jantung secara teratur akan memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan daya tahan fisik, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Konsistensi yang dilakukan ini mampu membentuk kebugaran yang berkelanjutan, memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan tubuh. Selin itu, konsisten malakukan jogging juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Bagi saya olahraga jogging mampu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan hormon kebahagiaan. Dengan melakukan joggng secara konsisten saya mampu mengelola tekanan/masalah dengan lebih baik dan meningkatkan fokus. Beberapa hal tersebut menjadi salah satu alasan saya melakukan perubahan diri melalui aktivitas olahraga jogging.

Saya telah melakukan perubahan diri secara konsisten dengan melakukan olahraga jogging selama 8 minggu, terhitung dari tanggal 22 Oktober 2023 sampai 3 Desember 2023. Jogging saya lakukan minimal satu kali dalam seminggu. Saya melakukan jogging ketika libur kuliah hari Sabtu atau Minggu. Saya melakukan olahraga jogging sendiri atau sesekali mengajak teman kos untuk melakukannya secara bersamaan. Dengan durasi waktu di minggu pertama 60 menit dan setiap minggunya dilakukan penambahann waktu 5 menit. Hal tersebut saya lakukan untuk melihat apakah perubahan diri dengan olahraga jogging yang saya lakukan dapat berjalan secara konsisten dan mengalami peningkatan. Saya juga telah melakukan pencatatan waktu dan jarak saat melakukan olahraga jogging. Data yang saya perolah adalah sebagai berikut:

Minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

Waktu (menit)

60

65

70

75

80

85

90

95

Jarak (km)

3,8

4

4,5

4,6

5,1

5,6

5,8

6,05





Melakukan olahraga jogging secara konsisten minimal satu kali dalam seminggu, saya sudah bisa merasakan manfaatnya. Perubahan positif yang saya dapatkan tidak hanya terjadi pada kesehatan fisik saja akan tetapi juga kesehatan mental. Hanya saja yang penting diperhatikan adalah konsisten, komitmen, dan disiplin dalam mengatasi tantangan dan rintangan yang mungkin muncul ketika melakukan rutinitas olahraga jogging selama proses perubahan diri.

 

DAFTAR PUSTAKA

Majid, W. (2020). Perilaku aktivitas olahraga terhadap peningkatan kebugaran jasmani pada masyarakat. In Seminar Nasional Keolahragaan, (1), 74-80..



0 komentar:

Posting Komentar