21.12.23

Essay 5 Partisipasi Lomba Mengikuti Lomba untuk Mengukur Bakat dan Ketrampilan Diri

 

Essay Lomba

Mengikuti Lomba untuk Mengukur Bakat dan Ketrampilan Diri

Disusun Oleh: Tiyas Wulandari

NIM: 21310410108

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 

Mahasiswa merupakan tonggak utama dalam pembangunan intelektual dan kreativitas di dunia pendidikan. Mahasiswa seharusnya tidak hanya terlibat dalam kegiatan akademis, tetapi juga aktif dalam berbagai kompetisi untuk menguji bakat dan keterampilan. Dalam mengikuti sebuah kompetisi, seorang mahasiswa tak lepas dari motivasi berprestasi. Motivasi adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk bertigkah laku (Damanik, 2020).

Prestasi yang saya wujudkan sebagai sorang mahasiswa adalah turut berpartisipasi dalam lomba menulis puisi dan desain grafis. Saya mengikuti dua kompetisi tersebut tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti minat, bakat, kepentingan, dan lingkungan. Saya berpartisipasi dalam lomba menulis puisi yang telah dislenggarakan oleh Buku Dewantara secara online. Dalam lomba menulis puisi dengan tema ibu, saya masuk dalam 100 kategori puisi terbaik dan menduduki urutan ke-57. Menurut saya menulis puisi bukan hanya tentang kata-kata yang indah, tetapi juga menggambarkan kedalaman perasaan dan pemahaman terhadap kehidupan. Dalam menulis puisi daya imajinasi dan kepekaan terhadap lingkungan sangat dibutuhkan untuk menghasilkan karya yang indah dan penuh makna. Selain itu, keberanian untuk menyampaikan ide dan perasaan pribadi melalui puisi menunjukkan kematangan emosional dan kecakapan berkomunikasi seseorang.




Saya juga turut berpartisipasi dalam lomba desain grafis yang dislenggarakan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Solidaritas Perempuan Palembang dalam rangka memperingati 16 hari anti kekerasan terhadap perempuan. Lomba desain grafis dilakukan secara online dengan mengusung tema “Suarakan Solidaritas, Lawan Seluruh Bentuk Penindasan Perempuan”. Alasan saya mengikuti lomba tersebut karena melalui deain grafis kita bisa menunjukkan estetika visual dengan pesan yang kuat, sehingga bisa mengedukasi masyarakat untuk mulai sadar dan terbuka dengan isu kekerasan perempuan. Desain grafis tidak hanya tentang keahlian teknis, tetapi juga tentang kreativitas dan pemahaman akan tujuan komunikasi visual. Selain itu, dengan mengikuti lomba deain kita mampu melatih kemampuan mengungkapkan ide secara inovatif.

Melalui prestasi dalam kedua lomba ini bisa menunjukkan bahwa mahasiswa tidak hanya fokus pada pencapaian akademis, tetapi juga berusaha untuk berkembang di luar kurikulum formal. Lomba puisi dan desain grafis memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengembangkan potensi kreatif mereka, membangun kepercayaan diri, dan membuktikan bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas.

 

DAFTAR PUSTAKA

Damanik, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan6(1), 29-34.

0 komentar:

Posting Komentar