13.12.23

PERUBAHAN DIRI MENJADI LEBIH BAIK DENGAN BEROLAHRAGA SKIPPING

 PERUBAHAN DIRI MENJADI LEBIH BAIK DENGAN BEROLAHRAGA SKIPPING

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Essay Perubahan Diri (Essay 6)

Oleh

Alfiantika Prastiwi (21310410094)

Dosen Pengampu

Dra Arundati Shinta, M.A


Olahraga skipping merupakan olahraga yang dilakukan dengan langkah pendek, yang dilakukan menggunakan tungkai yang berlawan menolak atau mendorong lutut ke atas setinggi dada dan gerakan tersebut diulangi oleh tungkai selanjutnya dengan pola langkah kanan-kanan, langkah kiri-kiri. Olahraga skipping ini mampu menekankan kontraksi otot saat melayang diudara dan mempersingkat kotak dengan tanah. Olahraga skipping ini juga melibatkan otot- otot gluteus, hamstrings, quadriceps, gastrocnemius, fleksor pinggul, abductor paha, stabilizer lutut, dan ankle, serta dapat melatih beberapa persendian (Pertama, 2013).

Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan akan terjadi jika adanya dorongan baik itu internal maupun eksternal. Dorongan – dorongan ini yang membuat para mahasiswa untuk merubah ke sesuatu yang positif. Pada faktor intrernal mahasiswa harus mengubah cara berpikir mereka masing – masing. Dalam sebuah perubahan jika perubahan berhasil maka tidak hanya memerlukan manajemen proyek yang efektif melainkan menajamen perubahan yang baik, hal ini dicapai melalui dengan membuat strategi manajemen perubahan sehingga perubahan akan berjalan lebih baik dan berhasil ( Panjaitan & Aslami, 2022).

Perubahan diri yang saya lakukan dengan melakukan olahraga skipping, hal itu saya pilih menjadi olahraga yang dapat menjadikan perubahan pada diri saya karena skipping mudah dilakukan tidak memerlukan biaya yang mahal untuk melakukan olahraga tersebut, dan juga tempat dalam melaksanakan olahraga tersebut strategis, hanya membutuhkan lompat tali (skipping).

Dalam melaksanakan perubahan diri sanggat membutuhkan yang namanya konsisten terhadap apa yang dilakukan. Konsisten meruapkan hal yang kita yakini secara prinsip dan terus menerus dilakukan. Konsisten juga merupakan usaha yang dilakukan individu untuk menyelaraskan sikap dan perilaku agar rasional dan konsisten. Hal ini berarti bahwa individu yang konsisten memiliki sikap tetap, selalu berusaha menyelaraskan perkataan, sikap, dan perilakunya. Sikap konsisten dalam diri individu akan berpengaruh terhadap perilaku yang dilakukannya. Individu yang memiliki keteguhan dalam menerapkan prisnipnya merupakan sebuah perilaku yang dimiliki individu yang konsisten (Leonard, 2013). Sehingga dalam melakukan olahraga skipping ini harus menanamkan konsisten pada diri agar terjalan sesuai dengan tujuan.

 

 

 

 

 

Tabel 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Skipping

M

1

2

3

4

5

6

7

8

W

75

83

91

107

118

137

149

162

J

770

850

972

1022

1037

1081

1121

1150

Catatatan: M: Minggu   W: Waktu dalam menit   J: Jumlah



Grafik 1. Laporan Kemajuan Kegiatan Skipping

 

Tabel 1 dan grafik 1 memperlihatkan bahwa saya sudah melakukan perubahan diri dengan melakukan olahraga skipping selama 8 minggu yang dimulai pada 8 Oktober 2023. Pada minggu pertama jumlah skipping yang saya lakukan yaitu 770 dan minggu terakhir ke 8 sebesar 1150. Dalam setiap minggu terdapat kenaikan karena dilakukan dengan rutin dan selalu berusaha untuk menambah setiap minggunya. Artinya saya akan berusaha lebih baik dari hari- hari sebelumnya.

Adapun manfaat dari olahraga skipping yaitu (Fadli, 2020):

a.       Meingkatkan keseimbangan tubuh

Berolahraga skipping dapat membuat otak akan membuat tubuh lebih seimbang agar gerakan lompatan berjalan dengan baik.

b.      Bantu membakar kalori

Skipping dapat membakar kalori sebanyak 200-300 kalori dalam 15 menit

c.       Meningkatkan kesehatan jantung

Gerakan yang dilakukan dapat membuat jantung akan berdetak dan memompa darah, sehingga meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta kesehatan jantung.

d.      Meningkatkan kepadatan tulang

Skipping yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kepadatan tulang serta kekuatan tulang.

Manfaat yang saya rasakan pada perubahan diri melalui olahraga ini saya lebih merasa badan menjadi lebih enak, nafas terasa lebih teratur, dan merasa segar. Dalam mempertahankan konsistensi ini bisa dilakukan dengan berolahraga lain bisa seperti joging, berenang, senam dan lain sebaginya. 




0 komentar:

Posting Komentar