10.12.23

Partisipasi Lomba : Lomba Desain Infografis dan Lomba Karya Puisi

 Mencoba Hal Baru Tidak Akan Merugi

(Lomba Desain Infografis dan Karya Puisi)

Essay 5 Partisipasi Lomba 

Psikologi Inovasi

Oleh

Nabila Tus Sangadah

NIM : 21310410038

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Kreativitas dan inovasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pemikiran seorang mahasiswa. Dimana kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Proses untuk menghasilkan hal baru tersebut dapat berasal dari proses imajinatif dari penciptanya sendiri, dapat juga berasal dari informasi dan pengalaman sebelumnya mengenai hal yang akan diciptakan, kemudian pencipta melakukan penggabungan dan pembaharuan dari karya maupun gagasan yang pernah ada untuk menghasilkan karya maupun gagasan yang baru. Kreativitas sebagai sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas) dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengembangkan, memperkaya, memperinci suatu gagasan.

Saya sebagai mahasiswa hanya mengikuti prganisasi saja dan saya tidak pernah mengikuti perlombaan. Maka saya sebagai mahasiswa semester 5 untuk mengekspresikan kreativitas dan inovasi say aitu dengan mengikuti lomba-lomba yang di selenggarangan di luar kampus. Oleh karena itu saya mencari perlombaan-perlombaan di Instagram yang di adakan oleh pihak kampus lain dan pihak organisasi lain di luar kampus.

            Perlombaan pertama yang saya ikuti yaitu lomba desain infografis, yang di selenggarakan oleh Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dari Universitas Brawijaya. Perlombaan ini berlaku untuk seluruh mahasiswa Indonesia (Tingkat Nasional). dengan tema desain “Revitalisasi Ekosistem Perikanan Demi Kesejahteraan Nelayan Indonesia”. Perlombaan ini di laksanakan pada tanggal 15 september-15 oktober 2023, dan pengumuman juara tersebut pada tanggal 6 November 2023. Dengan kemampuan desain yang saya miliki saya bisa mendesain dengan bagus dan keratif dan saya juga masuk ke 15 besar dari 187 peserta. Walau pun tidak masuk pada 5 besar tetapi saya bangga pada diri saya sendiri. Berikut bentuk sertifikat perlombaan yang sudah saya ikuti, untuk sebagai bukti bahwa saya peserta dari perlombaaan tersebut.

Lalu pada perlombaan kedua yang saya ikuti yaitu lomba menulis puisi (cipta puisi), yang di selenggarakan oleh Dunia Literasi. Saya menemukan lomba tersebut di Instagram akupuisea akun tersebut banyak di ikuti oleh siswa/siswi dan mahasiswa. Karena perlombaan ini berlaku untuk seluruh siswa/siswi dan mahasiswa se-Indonesia (Tingkat Nasional). dengan tema “Kekasih”. Perlombaan ini di laksanakan pada tanggal 26 september-10 oktober 2023, dan pengumuman juara tersebut pada tanggal 12 Oktober 2023. Dengan kemampuan cipta puisi yang saya miliki saya bisa menciptakan puisi dengan makna yang dan keratif hingga saya juga masuk ke 150 terbaik dari 1.023 peserta. Walaupun tidak masuk 3 besar, tetapi saya sudah bangga dengan diri saya karena mau berpartisipasi untuk mengikuti perlombaan dan mau berjuang. Berikut bentuk sertifikat perlombaan yang sudah saya ikuti, untuk sebagai bukti bahwa saya peserta dari perlombaaan tersebut.

Dengan adanya mata kuliah Psikologi Inovasi saya jadi bangga pada diri saya sendiri karena sudah mau berpartisipasi untuk mengikuti perlombaan yang ada di luar kampus, dengan begitu saya bisa meningkatkan value saya sedikit demi sedikit. Dengan adanya kretivitas dan inovasi yang saya miliki dengan itu saya bisa mengasah kemampuan saya serta dapat mengevaluasi diri saya untuk meningkatkan kekurangan yang belum saya miliki sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar