10.12.23

Essay 5 partisipasi lomba

                                 ESSAY LOMBA

PSIKOLOGI INOVASI

FAKULTAS PSIKOLOGI UP 45

Rahayu Nur Kholifah 21310410079

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.



Lomba secara umum adalah sebuah kompetisi dimana individu atau kelompok berusaha untuk mencapai tujuan tertentu yang lebih baik atau lebih cepat dari yang lainnya. Tujuan dalam mengikuti lomba dapat menguji kemampuan, keterampilan, atau pengetahuan dalam bidang tertentu sesuaii dengan bidang lomba yang diminati.

Pada tanggal 8 oktober 2023 saya mengikuti ajang perlombaan di media sosial (Instagram) yaitu lomba Foto Desa Wisata Nusantara yang diselenggarakan oleh pihak LDW 2023 (Lomba Desa Wisata). Desa Wisata Nusantara merupakan konsep pariwisata yang mengangkat desa-desa yang ada di Indonesia dengan keunikan dan daya Tarik tersendiri baik dari segi budaya, alam maupun sejarahnya.

Saya mencari beberapa tempat desa yang memiliki wisata nusantara yang sangat luar biasa dan tempat yang saya temukan adalah sungai mudal berlokasi di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto yang saya ambil adalah foto yang saya ikut sertakan untuk lomba tersebut dengan mendeskripsikan bagaimana ekowisata sungai mudal tercipta di desa tersebut. Dengan mengikuti ajang perlombaan desa wisata saya menyadari bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta kaya akan wisata-wisata nusantara yang sangat indah dan bahkan banyak di kunjungi oleh wisatawan luar daerah bahkan luar negeri. Meskipun tidak mendapatkan juara dalam ajang lomba tersebut tetapi saya mengambil beberapa pelajaran mengenai bagaimana teknik memotret yang benar dan unik untuk pengambilan gambar alam, bagaimana cara mempercantik foto dengan filter sehingga menarik perhatian orang-orang sekitar.

Lomba kedua adalah lomba cipta pantun dalam rangka memperingati hari guru tahun 2023 oleh Creativity Competition. Lomba diselenggarakan secara online melalui sosial media instagram dan mengirimkan hasil karya melalui whatsapp pihak terkait. Pantun yang ditulis saya buat sekreatif mungkin menggunakan beberapa aplikasi editing agar terlihat lebih menarik, setelah pengumpulan karya tersebut maka hasil pemenang diumumkan melalui media sosial instagram dan saya terpilih mendapatkan juara ke-2 lomba menulis pantun dalam rangka hari guru tahun 2023. Kesimpulan yang saya dapatkan dari beberapa lomba yang saya ikuti bahwa berpartisipasi dalam perlombaan tidak selalu harus menang, yang terpenting adalah kita mendapatkan sebuah pengalaman baru, ilmu baru dan relasi baru.



References

Husnol Wafa, A. S. (2023). Pemanfaatan Metode Kompetisi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Pendidikan Anak Usia Dini . Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-40.

0 komentar:

Posting Komentar