8.12.23

Essay 5 partisipasi lomba cipta puisi nasional ekra dan festival sastra ibu pertiwi


ESSAY 5

PARTISIPASI LOMBA CIPTA PUISI NASIONAL EKRA EDISI 1 DAN FESTIVAL SASTRA IBU PERTIWI 2023



 

Psikologi Inovasi

ESSAY 5

Lisa Devita Saripi

21310410106

Dosen Pengampu:

Dr., Dra. Arundati Shinta.,MA

Prodi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Menulis    merupakan    salah    satu kegiatan yang menghasilkan tulisan. Akan tetapi,  bukan  hanya  sekadar  tulisan  saja yang   dihasilkan   dari   tulisan. Tarigan (2008:3) mengemukakan bahwa menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung,tidak secara tatap muka dengan oranglain. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Pengertian menulis juga dikemukakan oleh Dalman (2011:3) yang mengatakan bahwa menulis adalah kegiatan komunikasi berupa menyampaikan pesan (informasi) secara tertilis kepada pihak lain fengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya. Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis dalam tujuan, misalnya memberi tahu, meyakinkan atau menghibur.

 

Bentuk-bentuk tulisan banyak kita dapati di media online seperti di sosmed atau tempat artikel online  dan media offline seperti koran, buku, dan lain sebagainya. Sehingga disini saya akan menulis essay sebagai bentuk apresiasi saya dalam membuat tulisan sampai tulisan saya dapat di cetak di dalam sebuah buku bersanding dengan karya anak-anak bangsa lainnya. Saya mengikuti sebuah lomba menulis Puisi Nasional Ekra 1. Yang mana ajang ini di selenggarakan oleh Event Kreasi secara daring pada November 2023. Dimana saya menjadi peserta terpilih dalam ajang lomba tersebut, saya menulis puisi yang bertemakan Cinta dengan judul Bagi Mereka, Aku, Tentang Cinta.

 

Saya sangat senang dalam menulis puisi pada lomba ke 2 saya mengikut sertakan diri ke lomba Fesival Sastra 2023 dengan mengusung tema “Cinta tanpa batas, Kisah kasih ibu” yang di selenggarakan oleh Olimpiade Nusantara dimana dalam lomba tersebut membagi menjadi tiga cabang lomba yakni ada Puisi, Poster, dan Essay. Namun saya tertarik untuk menulis puisi dengan membayar  HTM 25k, dalam lomba belum ada pasti tidaknya saya menang dikarenakan pengumuman akan diumumkan pada tanggal 30 Desember 2023.

 

Kesenangan saya mengikuti lomba-lomba terutama ikut serta dalam lomba menulis puisi memberikan dampak baik bagi saya dimana saya bisa mengembangkan skill, menambah pengalaman dengan menyimpan berbagai sertifikat dan menambah relasi dari teman-teman yang memiliki hobi yang sama dengan saya.

 

Lomba 1                                                                

(Sertifikat Lomba 1)

 


Lomba 2

(Bukti Pengumpulan karya)        

          





(Twibbon lomba) 


                        Daftar Pustaka

 

Khulsum Umi, dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard pada siswa kelas X SMA. Jurnal DIGLOSIA . Vol 1, No 1, Hal:1-12.  https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/4/52.

0 komentar:

Posting Komentar