7.12.23

Hari gini lari ? Challenge diri yuk

 

Psikologi Inovasi

Essay Prestasi

Rhicard Geovadri Layarda (21310410002)

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Lari adalah frekuensi langkah yang dipercepat sehingga pada waktu berlari ada kecenderungan badan melayang. Artinya pada waktu lari kedua kaki tidak menyentuh tanah sekurang-kurangnya satu kaki tetap menyentuh tanah. (Mochamad Djuminar A. Widya, 2004: 13)

Lari jarak jauh yang disebut juga long distance menempuh jarak 3000 meter, 5000 meter dan marathon 42,195 Km.

Pada kesempatan kali ini penulis mengikuti lomba lari yang diselengarakan oleh KOPMA UNY pada tanggal 8 Oktober 2023 yang berjarak max 5Km dimana tema lomba tersebut adalah “Runthastic Fair 5K”. Acara Ini diikuti oleh banyak mahasiswa yang menempuh pendidikan di jogja.Acara dimulai dari open gate adalah 05.00 (registrasi ) dan 06.00 opening serta pemanasan pada 06.30. Start dimulai dari GOR Klebengan pada jam 06.40.Awal lari peserta masih melakukan lari kecil dan masih beriringan tetapi ada beberapa yang sudah melaju terlebih dahulu. Penulis adalah orang yang malas lari sebenarnya lebih senang jalan ,tetapi dengan lomba lari ini penulis menchallenge diri untuk bisa break the limit. Pada kilometer 2.5 sudah terlihat banyak peserta yang mulai lelah dan kembali berjalan santai, di momen seperti itu banyak peserta yang saling berkenalan dan memilih membentuk grup agar acara tersebut semakin menarik dan seru. Kemudian tiba pada garis finish yaitu kembali ke GOR Klebengan.



Acara kemudian dilanjut pengumuman 3 finalis dan acara doorprize, adapun puncak acara yaitu colour fun. Dengan adanya lomba lari tersebut penulis sadar akan adanya batasan diri yang masih bisa di ubah ( rasa malas ) sebenarnya ketika kita memiliki niat untuk melakukan sesuatu maka hal tersebut akan terasa ringan dan enak untuk di lakukan. Penulis mendapatkan banyak teman dan relasi dari acara tersebut . harapan dari penulis adalah kedepannya akan lebih sering menchallenge diri kembali agar bisa melewati limit dari diri yang dimiliki sehinggi bisa mengusung sebuah perubahan

 

Daftar Pustaka

https://eprints.uny.ac.id/7747/3/BAB%20II%20-%2008601244068.pdf

0 komentar:

Posting Komentar