6.12.23

MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI KERJA BAKTI SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DUSUN KWALANGAN, PANDAK, BANTUL

 MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI KERJA BAKTI SEBAGAI BENTUK PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DUSUN KWALANGAN, PANDAK, BANTUL

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Essay Prestasi (Epres)

Oleh

Alfiantika Prastiwi (21310410094)

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta., M.A




Lingkungan menjadi satu hal yang tidak terpisahkan dari manusia, sehingga secara alamiah manusia akan berinteraksi dengan lingkungannya. Sebuah lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman menjadi dambaan para masyarakat. Kualitas lingkungan yang bersih merupakan modal yang penting bagi pembangunan manusia karena kualitas lingkungan mempengaruhi kualitas hidup masyarakat. Sebagai seorang manusia tentunya memiliki kewajiban dalam menjaga dan mengelola lingkungan agar tercipta lingkungan bersih dan sehat yang mampu mendukung kehidupan manusia. Rendahnya kualitas lingkungan akan berdampak bagi kesehatan masyarakat. Lingkungan yang tidak terawat, kotor, dan kumuh akan menjadi tempat berkembang berbagai penyakit yang mampu membahayakan masyarakat (Khairunnisa, et al., 2019).

Sehingga dari pencegahan tersebut para pemuda pemudi Dusun Kwalangan mengadakan kerja bakti untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit yang membahayakan masyarakat. Wujud yang dijalankan di Dusun Kwalangan untuk menjaga kebersihan dengan cara kerja bakti, membersihkan selokan, pengecekan air dan lain-lain. Di Dusun Kwalangan ini tidak memiliki bank sampah sehingga masyarakat mengumpulkan sampah terutaman sampah non organik yang akan disalurkan kepada pemuda pemudi di Dusun Kwalangan. Dari hasil sampah tadi di jual oleh pemuda pemudi untuk pemasukan dana. Pemasukan dana ini dimanfaatkan untuk kebutuhan dan fasilitas masyarakat. Pelaksanaan kerja bakti ini tidak hanya dilakukan oleh pemuda dan pemudi, tetapi oleh Ibu- Ibu dan Bapak- Bapak. Dalam pelaksanaan kerja bakti ini berfariasi sehingga bisa dikatakan dalam sebulan dilakukan sebanyak 1-2 kali. Bentuk kerja bakti ini dilaksanakan khususnya pemuda pemudi yaitu dengan menyapu jalan, kebun, membersihkan ranting yang menghalangi jalan, menebang pohon yang membahayakan, merapikan tumbuh- tumbuhan, membersihkan selokan, mengambil sampah non organik (rosok), memilah sampah non organik (rosok) dan lain- lain. Saya merupakan bagian dari pemuda pemudi yang ada di Dusun Kwalangan, sehingga saya harus mengikuti kegiatan yang dilakukan seperti kerja bakti untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Saya ikut kerja bakti seperti menyapu, memilah sampah, mengambil rosok yang ada di masyarakat. Saya mengikuti kerja bakti ini pada setiap penyelenggaraan yang biasanya dilaksanakan pada hari minggu oleh para pemuda pemudi yang ada di Dusun Kwalangan. Biasanya hal yang dilakukan pertama kali yaitu kerja bakti, setelah selesai baru melanjutkan mengambil rosok dan memilahnya.

 

Adapun manfaat dari kerja bakti untuk menjaga kebersihan yaitu (Lestari, 2022):

a.       Lingkungan rumah menjadi nyaman

Lingkungan rumah yang bersih akan membuat tempat tinggal menjadi lebih indah dan merasa nyaman untuk ditinggali

b.      Menurunkan risiko penyebaran penyakit

Lingkungan yang kotor menjadi sarang penyakit, sehingga dengan menjaga kebersihan lingkungan akan mengurangi penyebaran penyakit

c.       Mencegah banjir

Banyak kasus banjir yang diakibatkan lingkungan yang tidak bersih, seperti banyak sampaj. Sehingga dengan menjaga kebersihan mampu mengurangi atau mencegah banjir, yang hal ini dapat diwujudkan engan membersihkan saluran air, tegasnya larangan membuang sampah di sungai dan lain sebagainya.

d.      Meningkatkan kesejahteraan

Dari kegiatan kerja bakti mampu menjadikan interaksi dengan tetangga menjadi lebih terjalin. Seringnya berinteraksi mampu meningkatkan kesejahteraan dalam kehidupan.

e.       Membentuk rasa empati antar warga

Kerja bakti dapat membangun rasa empati antara satu dengan lainnya, sehingga ketika membutuhkan pertolongan warga akan membantu.

f.        Menjaga kesehatan mental

Dalam kerja bakti pasti terdapat interaksi satu dengan lainnya, sehingga terjalin komunikasi yang rutin dan hal ini akan membuat lebih tahan terhadap stres

g.      Dan meningkatkan kreativitas

Dari pelaksanaan kerja bakti dapat memunculkan ide ide unik dalam menjaga kebersiahan agar tetap tahan lama. Hal ini bisa dengan membuat kerajinan dengan barang bekas dan lain-lain.


 

References

Khairunnisa, K., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, N., Dewi, N. K., Saputra, H. H., & Wati, T. L. (2019). Kampanye kebersihan lingkungan melalui program kerja bakti membangun desa di lombok utara. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 230-231.

Lestari, K. (2022, Juli 15). https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-kerja-bakti. Retrieved from https://www.sehatq.com.

            (Diakses pada 27 November 2023 pukul 23.04 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar