6.12.23

MENGIKUTI LOMBA DESA WISATA NUSANTARA DAN LOMBA PANTUN HARI GURU UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS

 

lomba 1


lomba 2


MENGIKUTI LOMBA DESA WISATA NUSANTARA DAN LOMBA PANTUN HARI GURU UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Essay Partisipasi Lomba (Essay 5)

Oleh

Alfiantika Prastiwi (21310410094)

Dosen Pengampu:

Dra. Arundati Shinta., M.A

 

Pada dasarnya setiap individu memiliki potensi kreatif dan kemampuan mengungkapkan dirinya dalam berbagai bidang dengan cara mereka sendiri-sendiri. Seorang mahasiswa penting dalam meningkatkan dan menumbuhkan kreatifitasnya untuk mengetahui kemampuan dan potensinya serta terciptanya manusia yang unggul. Pengembangan kreatifitas merupakan peningkatan potensi kreatifitas individu atau kelompok dalam menghasilkan ide-ide atau gagasan-gagasan untuk memecahkan masalah dan menemukan peluang (Harianti & Margaretha, 2014). Kreatifitas sendiri merupakan sebuah potensi yang dimiliki setiap manusia yang bukan diterima dari luar diri individu. Kreatfitas adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan hasil karya baru yang merupakan produk kreasi. Menurut Rogers mengemukakan kreatifitas merupakan kecenderungan untuk mengaktualisasi diri mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang, mengekspresikan dan mengaktifkan kemampuan dalam setiap individu (Laila & Sahari, 2016). Pada era sekarang masih terdapat beberapa mahsiswa yang kurang dalam mengembangkan dan menyalurkan kreatifitasnya, apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi yang menjadikan mahasiswa bergantung terhadap teknologi. Terdapat banyak faktor yang menjadikan mahasiswa kurang dalam berkreatif, sehingga penting untuk para mahasiswa dalam mengembangkan dan menyalurkan kreatifitasnya, apalagi di era sekarang dengan memanfaatkan teknologi dengan baik.

Dalam meningkatkan kreatifitas saya mengikuti dua lomba yaitu lomba foto desa wisata nusantara dan lomba pantun. Pada lomba desa wisata nusnatara ini diadakan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Bapak Dr. (H.C.) Drs. H Abdul Halim Iskandar, M. Pd. Pada bulan Agustus lomba tersebut di launchingkan di Wisata Pantai Desa Apar, Kota Pariaman, Sumatera Barat. Lomba desa wisata ini mampu mendukung pertumbuhan ekonomi melalui desa wisata dan juga untuk memacu agar even regional level ASEAN dapat menunjukkan bahwa Inonesia penguatan desa wisata sangat baik (Pariaman, 2023). Lomba kreatifitas tersebut diadakan dalam beberapa kompetisi diantaranya twibbon challenge, lomba desain poster desa wisata, lomba foto desa wisata, dan lomba video opini desa wisata. Periode lomba tersebut diselengarakan pada 1 September sampai 8 Oktober 2023. Lomba tersebut terbuka oleh seluruh warga Indonesia dari sabang sampai marauke. Dalam lomba tersebut saya mengikuti kompetisi pada lomba foto desa wisata. Saya memilih Laguna Depok sebagai tempat yang menurut saya bagus diperkanalkan kepada semua orang, sehingga tempat tersebut saya jadikan tempat wisata yang saya lombakan. Laguna Depok bertempat di Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Pada lomba tersebut saya tidak masuk pada tahapan penyeleksian, tetapi hal tersebut tidak menjadikan saya patah semangat. Lomba tersebut banyak diikuti oleh warga Indonesia dari sabang sampai merauke, sehingga pesaing dari lomba tersebut juga banyak. Meskipun saya tidak lolos, tetapi lomba tersebut memberikan pembelajaran bagi diri saya seperti cara mengambil gambar yang baik, menjadikan gambar memiliki kualitas yang bagus, dan mengunjungi beberapa tempat wisata yang dapat menjadikan referensi untuk tempat bermain.

Pada lomba kedua saya mengikuti lomba pantun yang diadakan secara online oleh Creativity Competitions dalam tema Hari Guru pada 22 November sampai 30 November 2023. Pada lomba ini tidak hanya pantun tetapi terdapat, seperti cipta puisi, poster digital, fotogenic, mengambar, dan mewarnai. Lomba ini akan di umumkan pada tanggal 2 Desember 2023 dengan benefit piala, medali, sertifikat cetak, e-sertifikat, dan souvenir. Tidak saya duga bahwa saya termasuk pada juara harapan 1 pada kategori mahasiswa. Sebuah rasa kegembiraan menjadi pemenang juara pantun kategori mahasiswa yang meskipun masuk pada kategori harapan. Meskipun saya tidak mendapatkan juara pada lomba pertama tetapi saya berhasil mendapatkan juara pada lomba kedua. Semoga dari kedua lomba tersebut mampu menjadikan saya lebih berani dan giat lagi dalam mengikuti lomba.


 

References

Harianti, A., & Margaretha, Y. (2014). Pengembangan kreativitas mahasiswa dengan menggunakan metode brainstorming dalam mata kuliah kewirausahaan. Jurnal Manajemen, 13(2), 175-177.

Laila, A., & Sahari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1-4.

Pariaman. (2023, 08 11). https://www.kemendesa.go.id/berita/view/detil/4781/lomba-desa-wisata-nusantara-2023-gus-halim-penting-untuk-mendukung-perekonomian-desa. Retrieved from https://www.kemendesa.go.id.

            (Diakses pada 20 November 2023 pukul 21.30)

0 komentar:

Posting Komentar