13.12.23

ESSAY KEENAM PSIKOLOGI INOVASI PERUBAHAN DIRI

 

ESSAY KEENAM PSIKOLOGI INOVASI PERUBAHAN DIRI

Fika Yuliyanti

21310410007

 


 

Pitsis,  Simpson  dan  Dehlin  (2012) memaparkan konsep inovasi: Pertama, sebagai konsep  temporal,  inovasi  adalah  tentang perubahan  atau  adaptasi  yang  melibatkan “sebelum”,  “sekarang”  dan “setelah”  artinya selalu  berbicara  tentang  masa  lalu,  sekarang dan  masa  depan.  Kedua,  inovasi  adalah gambaran dan terjadi dalam konteks yang unik, cara untuk mengetahui dan memahami dunia. Dari pengertian yang telah diuraikan. dapat  disintesiskan  inovasi  adalah  perubahan diri sendiri maupun kelompok untuk meningkatkan kualitas  melalui  usaha  yang  sistematis  dalam menjalankan  tugas  dengan  indikator  mengembangkan  metode  baru,  mengembangkan  hasil karya  baru,  mengembangkan  strategi  baru, menciptakan  kesempatan  baru,  dan  mengembangkan  layanan  baru.

Menurut  George  dan  Jones  (2012)  efikasi  diri adalah  keyakinan  seseorang  tentang    kemampuannya  untuk  berhasil  melakukan  perilaku tertentu. Pendapat senada juga dijelaskan oleh Philips dan Gully (2012) bahwa efikasi diri adalah keyakinan  seseorang  pada kemampuannya untuk  mengatur  dan  melakukan  tindakan  yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu.

 

Perubahan diri yang penulis lakukan adalah dengan melakukan olahraga jogging setiap minggu dan dari minggu ke satu sampai minggu berikutnya akan selalu ada peningkatan yang di lakukan selama 8 minggu berturut-turut.

 

Minggu Pertama

0,74 KM

Minggu Kedua

1,33 KM

Minggu Ketiga

1,41 KM

Minggu Keempat

2,29 KM

Minggu Kelima

2,35 KM

Minggu Keenam

2,39 KM

Mingg Ketujuh

2,85 KM

Minggu Kedelapan

3,37 KM

 

Seperti yang diketahui bahwa perubahan terjadi karena adanya suatu dorongan baik itu internal maupun eksternal. Dorongan-dorongan inilah yang membuat seseorang untuk dapat berubah. Pada faktor internal, seseorang harus mengubah cara pikir mereka masing-masing.

 

Melakukan perubahan tentu bukan hal yang mudah, harus ada niat, keinginan dan sikap konsisten yang harus dilakukan, begitu juga dalam melakukan olahraga jogging yang penulis lakukan ada perasaan malas keluar dari zona nyaman, ada keinginan untuk berhenti, sampai akhirnya ada pada tahap olahraga tersebut sudah menjadi kebiasaan penulis. Achmad Holil Noor Ali (2018) dalam penelitiannya menyimpulkan bahwa perubahan yang berhasil tidak hanya memerlukan manajemen proyek yang efektif melainkan manajemen perubahan yang baik. Manajemen tersebut dicapai dengan membuat strategi manajemen perubahan. Jadi jika nantinya mata kuliah psikologi inovasi sudah selesai, penulis akan tetap konsisten melakukan olahraga jogging tersebut

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Efikasi diri dan kreativitas menciptakan inovasi guru. Jurnal Pendidikan

dan Kebudayaan21(3), 243-262.

 

Panjaitan, N. H., & Aslami, N. (2022). Manajemen Perubahan dalam Mengelola Perubahan diri pada

Mahasiswa dan Perguruan Tinggi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen2(1), 2170-2177.

0 komentar:

Posting Komentar