22.12.23

Perubahan Diri Melalui Olah Raga : Menjadi Versi Terbaik Diri

 

Perubahan Diri Melalui Olah Raga : Menjadi Versi Terbaik Diri

 

Essay 6

Psikologi Inovasi

Bella Azahar Br Tarigan

NIM : 21310410033

Kelas Reguler/ Semester 5

Dosen Pengampu : Dr.Dra.Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas 45 Yogyakarta

 

Menurut (Carl Rogers,1961) perubahan diri terjadi ketika individu mampu mencapai tahap pengalaman yang disebut self-actualization. Dalam tahap ini, individu memiliki kesadaran diri yang tinggi, menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kelemahan, serta hidup sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan hidup yang autentik. Perubahan diri menjadi lebih baik adalah proses dimana seseorang melakukan perubahan positif dalam hal sikap, perilaku, atau pemikiran mereka. Perubahan ini bisa terjadi pada segala aspek kehidupan seseorang, baik itu dalam hubungan pribadi, karir, kesehatan, atau perkembangan personal.

Saat semester lalu yaitu semester 4 di mata kuliah CSR/Psikologi Komunitas,saya dan teman-teman satu tim memiliki program mengubah sampah organik menjadi kompos melalui metode Takakura. Program ini kami adakan di salah satu Desa, di Kabupaten Bantul,DIY. Program tersebut bertujuan untuk mengubah perilaku warga desa khususnya ibu-ibu PKK.Program ini tentunya juga punya tujuan agar sampah yang ada bisa didaur ulang dan dimanfaatkan menjadi barang yang lebih berharga dan bahkan bernilai jual yang tinggi. Tanpa disadari kami sendiri belum mampu untuk mengubah perilaku diri sendiri tetapi kami menuntut orang lain untuk melakukan perubahan diri menjadi lebih baik. Hal tersebut membuat saya memiliki keinginan untuk melakukan perubahan diri menjadi lebih baik melalui kegiatan olah raga. Hal ini mungkin terlihat sederhana dan tidak terlalu berat tetapi membutuhkan komitmen dan kerja keras.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengubah diri atau melakukan perubahan diri karena alasan berikut:

a.     Meningkatkan kesehatan fisik: Melalui olahraga, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan ideal, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

b.     Meningkatkan kesehatan mental: Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Aktivitas fisik dapat mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan produksi endorfin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi depresi.

c.     Meningkatkan kepercayaan diri: Melalui olahraga, kita dapat mengembangkan kepercayaan diri yang lebih baik. Ketika kita mencapai tujuan dalam olahraga, seperti meningkatkan kemampuan atau mencapai prestasi tertentu, itu dapat meningkatkan harga diri dan memunculkan rasa percaya diri dalam diri kita.

d.     Membantu mengembangkan disiplin: Olahraga membutuhkan disiplin dalam menjaga jadwal latihan, pola makan yang sehat, dan mengikuti aturan permainan. Hal ini dapat membantu mengembangkan disiplin dalam kehidupan sehari-hari dan membantu dalam mencapai tujuan lain di luar olahraga.

Beriku tabel prestasi pengubahan diri melalui kegiatan jogging :

M

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

W

60

65

60

68

70

72

70

72

70

75

J

3,5

3,8

3,6

4

4,2

4,5

4,3

4,8

4,5

5

Tabel 1 : Laporan kemajuan kegiatan jogging

 

Keterangan :

M = Minggu ke-n

W = Waktu dalam menit

J = Jarak dalam Km



Grafik 1 : Laporan kemajuan kegiatan jogging

Tabel 1 dan grafik 1 memperlihatkan bahwa saya sudah melakukan pengubahan diri melalui kegiatan jogging selama 10 Minggu, dimulai dari 30 September 2023. Disetiap minggu,saya berusaha untuk melakukan jogging dan berusaha mengatasi rasa malas yang ada. Terlihat pada tabel,di minggu pertama jarak tempuhnya 3,5 Km dalam waktu 60 menit. Pada minggu ke-10,jarak tempuhnya adalah 5 Km dalam waktu 75 menit. Prestasi ini dicapai dikarenakan pada setiap minggunya saya berusaha menambah waktu dan jarak tempuh,karena saya ingin adanya peningkatan dari minggu ke minggu.

Untuk melakukan perubahan diri melalui olah raga ini juga memiliki banyak tantangan yang harus dilalui,seperti :

-          Munculnya rasa malas

-          Banyaknya tugas kuliah dan kegiatan organisasi

-          Lingkungan yang kurang mendukung

-          Kurangnya motivasi

Lantas bagaimana caranya agar kegiatan pengubahan diri ini berkelanjutan? Maka cara yang paling tepat ialah dengan mengikuti lomba/event lari yang ada dengan begitu motivasi untuk mendapat reward menjadi salah satu cara agar pengubahan diri ini menjadi berkelanjutan.

 

 

 

Daftar Pustaka

Rogers, C. (1961). On Becoming a Person: A Therapist's View of Psychotherapy. Houghton Mifflin.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

0 komentar:

Posting Komentar