22.12.23

Partisipasi Dalam Perlombaan Cipta Puisi

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Partisipasi Lomba (Essay 5)

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundhati Shinta, MA

Di susun oleh: Faiza Cleary Flannery (21310410048)

                                                               Kelas: Psikologi SP      

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Cipta puisi adalah kegiatan mencipta sastra dalam bentuk puisi. Puisi merupakan karya seseorang atas apa yang dilihatnya dalam lingkungan sehari-hari. Berikut adalah beberapa langkah dalam membuat puisi: 

·         Menentukan tema puisi

·         Menentukan judul yang berpacu pada tema

·         Menyusun kata-kata sesuai dengan tema dan isi puisi

·         Mengembangkan kata-kata menjadi larik-larik puisi yang mempunyai makna

·         Mengembangkan larik-larik puisi menjadi bait-bait yang bertautan makna

·         Menentukan kata kunci

·         Menggunakan gaya bahasa

·         Memperhatikan diksi dan rima

Menurut saya mengikuti sebuah perlombaan bukanlah hal yang mudah karena saya termasuk orang yang minderan atau kurang percaya diri. Akan tetapi dengan adanya tugas psikologi inovasi ini membuat saya memiliki keberanian untuk mencoba hal baru dan mengesampingkan ketakutan saya. Saya berpartisipasi dalam sebuah perlombaan cipta puisi yang di adakan secara online dan gratis, saya mendapatkan informasi perlombaan tersebut melalui Instagram.

Bagi saya menulis puisi merupakan bentuk mengekspresikan kreatifitas, pemikiran, perasaan, ide-ide atau gagasan melalui kata-kata terhadap suatu hal atau peristiwa. Dibutuhkan kemampuan dalam mengolah kata dan melihat situasi untuk menulis puisi yang sarat akan makna. Dalam perlombaan cipta puisi, saya memiliki kesempatan untuk berkreatifitas melalui bahasa puisi dengan temma cinta dan ayah. Proses penulisan puisi ini menghabiskan banyak waktu untuk menciptakan kata-kata yang indah tetapi memiliki makna yang dalam. Berikut saya sertakan bukti mengikuti lomba cipta puisi:

 



Dengan mengikuti lomba cipta puisi ini memberikan makna besar bagi saya yaitu tentang pengembangan diri. Saya jadi mempunyai keinginan besar untuk mengembangkan diri dengan terus melatih kemampuan menulis saya. Berikut ini merupakan 5 manfaat menulis puisi untuk perkembangan diri.

1.      Meningkatkan kreativitas

Menulis puisi bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas. Khususnya kreativitas dalam mengolah kata. Dalam menulis puisi dibutuhkan keterampilan dalam  menyusun kata, gaya bahasa, serta rima yang tepat dan indah. Menulis puisi membuat sang penulis semakin terbiasa dalam menuangkan pikiran dan perasaan ke dalam karya sastra yang autentik dan imajinatif.

2.      Membuat perasaan menjadi lebih baik

Menulis puisi mampu membuat perasaan penulisnya menjadi lebih baik. Dalam ilmu psikologi, hal ini disebut katarsis. Katarsis adalah pelepasan emosi dan perasaan negatif dalam diri melalui cara yang positif.

3.      Menambah keberanian dalam bersuara

Menulis puisi bisa menambah keberanian dalam menyuarakan pendapat. Menulis puisi merupakan sarana untuk mengungkapkan ide, gagasan, kritik, kemarahan, hingga nasihat akan berbagai aspek kehidupan di sekitar.

4.      Meningkatkan kepercayaan diri dalam berkarya

Menulis puisi merupakan pekerjaan akal dan hati. Hal ini yang menjadikan setiap puisi unik dan indah. Berkarya berarti memberdayakan pikiran, perasaan, dan kemampuan menjadi sesuatu yang memiliki dampak atau makna. Menulis puisi dengan kesungguhan akal dan hati, merupakan salah satu implementasi dalam menjadi berdaya dan bermakna.

5.      Kesempatan mendapatkan penghasilan

Menulis puisi juga bisa menjadi pintu rezeki dan menambah pundi-pundi uang dengan menulis puisi. Hal ini bisa diawali dengan mengirimkan puisi-puisi buatan sendiri ke berbagai media cetak maupun media online. Baik surat kabar, majalah, atau tabloid. Kuncinya adalah konsisten, terus belajar, dan pantang menyerah.


Daftar Pustaka

Depublish.com. (2023). Teknik menulis puisi: panduan dan cara membuatnya. https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-puisi-b1/

Nurmalia, E. (2020). 5 Manfaat menulis puisi untuk perkembangan diri, apa saja ya?. https://blog.tempoinstitute.com/berita/manfaat-menulis-puisi/           


 

0 komentar:

Posting Komentar