22.12.23

Essay Prestasi Psikologi Inovasi


Publikasi Karya Melalui Event Menulis

 

Oleh: Humairah Natsir

21310410042

Kelas Reguler/Semester 5

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2023

 

Essay ini dibuat sebagai essay prestasi dalam mata kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Ibu Dr. Dra. Arundati Shinta, MA.

 


Setiap individu tentunya memiliki kemampun mnasing-masing. Kemampuan dari satu individu dengan individu lainnya juga berbeda-beda. Inilah yang menjadi ciri khas setiap individu. Seringkali individu tidak mengenali kemampuan yang dimilikinya sehingga tidak tau apa yang perlu ia dilatih. Salah satu cara seseorang mengetahui minatnya adalah dengan melakukan berbagai macam kegiatan, kegiatan yang membuatnya tertarik atau yang disukai adalah minat dari orang tersebut. Ketika seseorang melakukan kegiatan dan memberikan hasil yang baik ini merupakan kemampuan orang tersebut.

 Kemampuan yang dilakukan seseorang tentunya memberikan dampak positif di lingkungan masyarakat. Misalnya kemampuan menulis seseorang tentunya memberikan manfaat dan menjadi sarana informasi untuk lingkungan masyarakat. Namun seringkali karya tulisan tidak tersalurkan ke masyarakat luas, salah satu faktornya karena karya tulisan tersebut tidak terpublikasikan dan hanya tersimpan sehingga lenyap begitu saja.

Banyak masyarakat luas yang memiliki ide dan dituangkan dalam bentuk lembaran, sayangnya ide ini belum mampu memberikan inspirasi karena tidak terpublikasikan dan tidak sampai pada para pembaca. Salah satu cara menyalurkan gagasan ke para pembaca adalah dengan mengikuti event menulis yang memfasilitasi penerbitan buku dengan legalitas. Sehingga karya yang tersalurkan menjadi berkualitas.

Misalnya  event menulis yang beredar di media sosial instagram seperti event menulis cerpen bertemakan mental health yang diselenggarakan oleh Sastra Media dan berlangsung dari bulan Juli hingga Bulan September Tahun 2023.  Hadiah bagi para pemenang tentunya sangat banyak seperti piala kejuaran, medali, sertifikat cetak dan e-sertifikat, gantungan kunci, balpoin silver/gold, bookmark, greeting card, free cover, free editing, free layout, dan yang menakjubkannya semua karya yang lolos akan dibukukan menjadi sebuah buku antologi fiksi yang ber-QRCBN. Adapun nomor QRCBN buku yaitu 62-1420-1064-362. Cetakan petama buku antologi cerpen pada Bulan September Tahun 2023. x + 276 Halaman; 14,5 cm x 21 cm. Buku  diterbitkan oleh Sastra Media Cibiru, Kota Bandung. Salah satu karya yang lolos dan dibukukan adalah karya dari Humairah Natsir dengan judul “Dulu Kelam Sekarang Kelabu” merupakan karya yang berhasil meraih juara harapan 2. Karya telah diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul “Meramu Butiran Kisah”.

 

0 komentar:

Posting Komentar