22.12.23

Essay Ke Enam Partisipasi Lomba

 Mengasah Kemampuan Melalui Lomba

 

Oleh: Humairah Natsir

21310410042

Kelas Reguler/Semester 5

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2023

 

Essay ini dibuat dalam rangka memenuhi syarat mata kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Ibu Dr. Dra. Arundati Shinta, MA.

 

Kompetensi merupakan sebuah kemampuan untuk melakukan suatu tugas yang didasari dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang diminta oleh pekerjaan tersebut. Kompetensi memperlihatkan pengetahuan dan keterampilan yang khas oleh seorang yang ahli dalam bidang tertentu sebagai hal yang terpenting dan utama pada bidang tersebut. (Wibowo, 2007). Sedangkan Palan (2008) menyebutkan bahwa kompetensi merupakan ciri dasar individu yang membuktikan cara berpikir atu berperilaku yang memiliki cakupan situasi sangat luas dan tetap untuk waktu yang lama.

Palan membagi tipe karakteristik kompetensi menjadi 5 yaitu: Motif ialah sesuatu yang secara tetap dimaui atau dipikirkan individu yang menimbulkan tindakan. Sifat ialah karakteristik fisik dan jawaban yang tetap terhadap informasi atau kondisi. Kecepatan reaksi dan ketajaman mata merupakan ciri fisik kompetensi seorang pilot tempur. Konsep diri adalah sikap, nilai-nilai, atau citra diri seseorang, seperti percaya diri individu yakin bahwa mereka dapat efektif dalam hampir semua situasi. Pengetahuan ialah keterangan yang dimiliki individu dalam bidang khusus. Keterampilan ialah kemampuan menyelesaikan tugas fisik atau mental tertentu termasuk berpikir analitis dan konseptual.

Setiap individu memiliki kemampuan yang menjadi ciri khas dan yang diminatinya. Kemampuan satu individu dengan individu lainnya tentu berbeda. Seringkali individu gagal menegenali kemampuan yang ada pada dirinya sehingga sulit untuk mengasah keterampilannya. Salah satu cara mengenali kemampuan diri adalah dengan melakukan brbagai kegiatan atau bisa juga degan mengikutievent lomba. Kegiatan apa yang menjadi ketertarkan individu adalah minatnya dan kegiatan apa yang memberikan hasil baik adalah kemampuan individu tersebut.

Salah satu kegiatan lomba yang dapat mengasah kemampuan adalah event menulis seperti lomba cerpen atau puisi yang banyak diselenggarakan da tersebar di media sosial instagram. Mulai dari lomba berbayar hingga gratisan, mulai dari lomba menulis quote hingga menulis cerpen, mulai dari tingkat daerah hingga internasional, dan mulai dari yang pengumpulan naskah hingga penerbitan buku.

Misalnya lomba menulis cerpen dan puisi nasional gratis yang diselenggarakan oleh PT Bara Pustaka berlangsung dari bulan Oktober hingga November 2023. Dengan tema puisi senja/waktu dan tema cerpen horor/misteri. Hadiah bagi para pemenang tentunya sangat banyak dan yang menakjubkannya semua karya yang lolos akan dibukukan ber-ISBN. Salah satu karya yang lolos dan dibukukan adalah karya dari Humairah dengan judul “Sedikit Yang luar Biasa” merupakan lomba kategori cerpen. Karya akan diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul “Kalau Takut Jangan Dibaca!”.


Ada juga lomba menulis puisi tingkat nasional gratis yang diselenggarakan oleh Lintang Indonesia yang berlangsung dari bulan September hingga Oktober 2023.  Dengan  tema puisi bebas. Hadiah bagi para pemenang tentunya sangat banyak dan yang menakjubkannya semua karya yang lolos akan dibukukan ber-ISBN.dan E-ISBN, Salah satu karya yang lolos dan dibukukan adalah karya dari Humairah dengan judul “Sebelum Senja”. Karya akan diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul “Catatan Seorang Pengembara”.

Dan lomba menulis puisi tingkat nasional gratis yang diselenggarakan oleh Event Kreasi yang berlangsung dari bulan November hingga Desember 2023.  Dengan  tema puisi Trilogi Asmara: Rindu, Cinta, kenangan. Peserta yang ikut diharapkan memilih satu dari ketiga tema trilogi asmara tersebut. Hadiah bagi para pemenang tentunya sangat banyak dan yang menakjubkannya semua karya yang lolos akan dibukukan, Salah satu karya yang lolos dan dibukukan adalah karya dari Humairah dengan judul “kasih Tak sampai” merupakan tema rindu dari kategori trilogi asmara. Karya akan diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul “Gema Rindu Yang Tak Terungkap”.

Kemampuan menulis ini memiliki banyak manfaat dan dapat menjadi keterampilan. Kemampuan ini sangat perlu diasah agar bisa lebih berkembang lagi. Semua kemampuan yang dimiliki individu perlu dikenali dengan mengikuti berbagai kegiatan. Ketika individu tertarik dengan kegiatan terbuat akan menjadi minatnya yang perlu diasah sehingga keterampilan tersebut dapat berkembang.

 

Rujukan:

R.Palan. (2008). Competency management:tehnik mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PPM.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

0 komentar:

Posting Komentar