17.12.23

Perubahan Diri : Hebat Itu Dia Yang Mau Melakuan Perubahan Dengan Konsisten

 

Perubahan Diri : Hebat Itu Dia Yang Mau Melakuan Perubahan Dengan Konsisten

Essay 6 Psikologi Inovasi

Oleh

Nabila Tus Sangadah

NIM : 21310410038

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Perubahan diri ke hal yang lebih baik munglin tidak semua orang mudah untuk melakukan hal tersebut. Masih banyak orang-orang yang malas untuk melakukan perubahan diri seperti malas bangun pagi, malas berolahraga, sibuk dengan kegiatan sehari-hari, buang-buang waktu saja bahkan ada yang merasa malas karena gerah ataupun panas. Padahal dengan berolahraga tidak akan membuat merasa merugi, bahkan dapat membuat hari-hari menjadi produktif. Bukan hanya sekedar itu juga, dengan berolahraga akan membuat tubuh menjadi sehat dan sistem kekebalan tubuh akan normal. Banyak sekali manfaat kita melakukan olahraga seperti memicu perkembangan ideal, menjauhkan berbagai macam penyakit, memantapkan otot serta tulan dan masing banyak manfaat lainnya. Olahraga yang paling simple di kalangan remaja yaitu lari atau sering di sebut juga joging, karena jogging merupakan olahraga yang paling murah bahkan bisa gratis, bahkan berlari juga bisa di lakukan kapan pun dan dimanapun. Seperti halnya bisa lari di taman, tepi pantai, atau bahkan hanya di sekitar lingkungan tempat tinggal, joging dapat menjadi ritual harian yang menyegarkan. Tidak seperti kegiatan olahraga lain yang mungkin memerlukan peralatan khusus atau langganan di pusat kebugaran, joging tidak membebani kantong. Hanya dengan sepatu yang nyaman dan pakaian yang sesuai, siapa pun dapat memulai perjalanan menuju gaya hidup sehat. 

        Saya melakukan perubahan diri dengan jogging setiap satu mingu sekali, saya melakukannya di waktu libur kuliah saja pada hari sabtu atau minggu. Jadwal saya joging pada pukul 06.30 WIB, biasanya saya bangun subuh jam 05.00 WIB, kemudia prepare lalu siap berangkat lari. Rute lari yang biasa saya lakukan setiap pagi saya mulai dari kost kemudian mengeliligi daerah babarsari, karena saya lari di pinggir-pinggir jalan maka saya lakukan dengan rute daerah jalan seturan kemudian ke kledokan hingga ke jalan babarsari. Karena dengan bengitu saya bisa melakukan rute yang terdekat dari kost saya saja agar hemat biaya (gratis). Saya juga melakukan perubahan diri ini tidak sendiri tetapi bersama teman saya yang sama ingin melakukan perubahan diri juga. Perubhan diri ini saya lakukan 8 minggu dengan berturu-turut secara konsisten. Mungkin waktu 8 minggu tersebut tidak sebentar dan juga tidak lama tetepi saya dapat menjalankan dengan konsisten yang di mulai pada tanggal 29 Oktober sampai 17 Desember 2023. Durasi waktu setiap minggunya saya hanya menambahkan 5 menit saja karena saya hanya ingin melihat apakah ada perubahan yang meningkat pada jarak yang saya tempuh.
            

Minggu

1

2

3

4

5

6

7

8

Waktu (menit)

60

65

70

75

80

85

90

95

Jarak (Km)

4

4,3

4,5

4,8

5,2

5,5

5,7

5,9

Dari perubahan diri yang sudah saya lakukan feedbacknya yaitu menjadikan diri sebagai pribadi yang produktif kemudia menguatkan sistem kekebalan tubuh saya, seperti badan tidak cepat merasa lelah, hati merasa gembira dan senang. Serta ada juga perubahan pada sikap saya yang sebelumnya malas-malasan kemudian bangun selalu siang. Nah, dengan melakukan perubahan diri ini yaitu lari dari situ saya dapat menciptakan pribadi yang tekun. Bahkan bukan hanya tentang mencapai bentuk tubuh yang diinginkan, tetapi juga tentang menghargai perjalanan dan perkembangan pribadi yang terjadi di sepanjang jalan.





0 komentar:

Posting Komentar