16.12.23

PARTISIPASI LOMBA "Bukan Soal Menang atau Kalah"

 

PARTISIPASI LOMBA

Essay 5  Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu        : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Disusun Oleh              : Pin Gunita Sarasih (21310410074)

Kelas                           : Karyawan SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


            Lomba adalah suatu kegiatan yang melibatkan peserta dalam sebuah perlombaan untuk memenangkan hadiah atau penghargaan. Perlombaan dapat berupa adu kecepatan, keterampilan, ketangkasan, kepandaian, dan sebagainya. Perlombaan dapat diadakan dalam berbagai bidang, seperti olahraga, seni, sains, teknologi, dan lain-lain. Perlombaan dapat diadakan oleh pemerintah, organisasi, perusahaan atau individu. Adapun manfaat lomba diantaranya dapat mengasah potensi diri dan meningkatkan keterampilan, mengevaluasi kelemahan dan meningkatkan keterampilan, membantu mengarahkan potensi diri dan sebagainya.

            Pada hari minggu 26 November 2023, penulis mengikuti lomba menulis surat untuk ibu yang diselenggarakan oleh “lomba Menulis Surat”, dan penulis terpilih menjadi bagian dari 442 penulis yang akan dibukukan. Kegiatan lomba ini bertujuan untuk memperingati hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. Ajang lomba ini sangat menarik, karena setiap penulis mengirimkan cerita atau surat yang ditujukan untuk ibu. Pengumuman pemenang pada lomba ini akan diumumkan pada tanggal 20 Desember 2023. Ada harapan semoga penulis bisa memenangkan lomba ini, tetapi jikapun tidak, penulis merasa bangga karna terpilih menjadi bagian dari 442 penulis terpilih yang ceritanya dibukukan dan ber ISBN.

            Untuk lomba yang ke dua pada hari sabtu, 16 Desember 2023, penulis mengikuti lomba menulis cerpen yang diadakan oleh “halo penulis”. Tema lomba ini mengusung tema perpisahan. Dimana, setiap kehidupan, pertemuan pasti ada perpisahan. Entah itu sementara atau selamanya. Lomba ini sangat menarik, apalagi gratis untuk semua kalangan. Kesimpulan yang penulis dapatkan dalam mengikuti lomba, bahwa berpartisipasi dalam lomba itu sangat menyenangkan, bukan soal menang atau kalah, tetapi pengalaman dan insight yang didapatkan sungguh luar biasa.

Semoga, pada kesempatan berikutnya, penulis bisa mengikuti lomba lagi apalagi yang berkaitan dengan seni videografi. Karena penulis sangat suka dengan videografi, seperti membuat narasi video pada youtube, tik tok, yang memuat beberapa informasi seputar kejadian bahkan informasi unik lainnya. Yang membuat penulis suka dalam videografi adalah tantangan dalam mengeditnya.

0 komentar:

Posting Komentar