16.12.23

ESSAI PRESTASI: MENJADI VOLUNTER DI BOROBUDUR MARATHON 2023 (PENGABDIAN MASYARAKAT)

 

ESSAI PRESTASI: MENJADI VOLUNTER DI BOROBUDUR MARATHON 2023 (PENGABDIAN MASYARAKAT)

 

Meme Normasari

NIM : 21310410088

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



        Mahasiswa adalah anggota masyarakat yang berada pada tingkatan tertinggi di bangku pendidikan yang mempunyai fungsi, peran, dan tanggung jawab yang diembannya. Mahasiswa memiliki tiga kewajiban dalam perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat atau biasa disebut dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Secara tidak langsung mahasiswa memiliki tanggungjawab intelektual, sosial, dan moral pada masyarakat.

    Mengingat adanya kewajiban pengabdian pada masyarakat, saya memutuskan untuk menjadi volunter pada event Borobudur Marathon 2023. Borobudur marathon dilaksanakan pada hari Minggu, 19 November 2023 di taman Lumbini Borobudur (race central). Borobudur marathon adalah ajang lomba lari bergengsi yang diadakan oleh Bank Jateng. Event ini diadakan setiap satu tahun sekali dan bisa diikuti oleh pelari dari dalam negeri maupun luar negeri. Pada tahun ini ada lebih dari 10.000 pelari yang ikut memeriahkan lomba dan berasal dari Indonesia hingga manca negara. Pada tahun ini Borobudur marathon memiliki tiga kategori yaitu; marathon, half marathon, dan 10K.

    Selain karena adanya kewajiban untuk pengabdian pada masyarakat, alasan utama saya menjadi volunter tentunya untuk meningkatkan jiwa sosial, meningkatkan ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain, melatih kerjasama dengan tim, dan memperluas relasi pertemanan.

Selama menjadi volunter tugas utama saya yaitu;

a.       Mengetahui rute pelari

b.      Mengetahui warna baju dari masing-masing kategori lomba lari

c.       Mengetahui bagaimana cara melapor dan melapor kesiapa jika ada kejadian darurat

d.      Tau cara mengantisipasi traffic flow di area jaga masing-masing

e.       Berkoordinasi dengan polisi atau keamanan setempat untuk memprioritaskan pelari yang sedang lewat

 

    Saat menjadi volunter saya ditugaskan di rute half maraton (21 km) bagian zona 2, yang berada persis di belakang Candi Borobudur. Disana saya berjaga dengan tiga orang dan beberapa aparat kepolisian. Awalnya saya canggung untuk berkenalan dengan teman satu tim, tetapi ternyata mereka sangat terbuka dan akhirnya kita saling bertukar cerita tentang perkuliahan. Selain itu, warga setempat juga sangat antusias membantu kami menjaga rute lari agar sterill dari kendaraan bermotor. Menjadi volunter pada event Borobudur marathon yang termasuk dalam kategori event besar ini tentu banyak mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang saya dapatkan yaitu, fee, makan, minun, dan merchandise berupa kaos. Selain itu, saya juga mendapat akses masuk gratis ke Candi Borobudur. Menjadi volunter tentu sangat bermanfaat untuk pengembangan diri.

 

0 komentar:

Posting Komentar