17.12.23

Essay Prestasi : Bergerak Bersama Dalam Menjaga Lingkungan

 

Bergerak Bersama Dalam Menjaga Lingkungan

Essay Prestasi (Psikologi Inovasi)

Oleh

Nabila Tus Sangadah

NIM : 21310410038

Kelas Reguler / Semester 5

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta

Fakultas Psikologi

Menurut UU No 32 Tahun 2009 menyatakan bahwa, “Lingkungan hidup dapat diartikan kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya”. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kemajuan disegala bidang, sekaligus menimbulkan dampak lingkungan yang tidak diinginkan. Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi kekayan alam yang luar biasa. Potensi tersebut perlu dilestarikan untuk menjamin berlanjutnya pembangunan. Tetapi masih banyak manusia yang acuh dengan adanya sampah, padahal sampah tesebut muncul karena adanya manusia.

Upaya pelestarian lingkungan hidup di Indonesia hanya mungkin jika didukung oleh semua warganya. Ketidaktahuan terhadap lingkungan menyebabkan ketidaksadaran pada lingkungan hidup, artinya pengetahuan lingkungan mempengaruhi kesadaran lingkungan. Berhubungan dengan faktafakta lingkungan hidup yang sekarang sedang terjadi, hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat terhadap lingkungan. Ketidaktahuan pada lingkungan menyebabkan ketidaksadaran pada lingkungan hidup. Hal ini dapat memberikan penjelasan pula bahwa ketidaktahuan pada lingkungan hidup menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesadaran lingkungan. Masalah lingkungan hidup di Indonesia, dapat diatasi dengan mengubah sikap mental manusia sebagai perusak lingkungan menjadi manusia yang sadar akan lingkungannya. Manusia yang sadar akan lingkungannya adalah manusia yang sudah memahami dan menerapkan sikap dan perilaku yang peduli akan lingkungan dan menerapkan prinsip-prinsip ekologi dan etika lingkungan.

Dengan kurangnya kesadaran manusia terhadap lingkungan banyak menimbulkan masalah, seperti pencemaran dan perusakan lingkungan di daerah tempat tinggalnya sendiri. Contohnya pada suatu tempat seperti sungai, tempat tersebut pasti sudah jarang di rawat warga sekitar. Padahal mereka sebagai manusia mesti membutuhkan air sedangkan air di sungai saja tercemar oleh sampah yang mengakibatkan air tersebut menjadi kotor. Maka saya memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan oleh karena itu saya lakukan kerja bakti dengan warga lingkungan sekitar untuk membersihkan sungai di sekitar saya. Kegiatan tersebut di lakukan pada pukul 16.00 WIB, hari sabtu tanggal 09 desember 2023, peran saya melakukan kegiatan bersih-bersih sungai dengan mengumpulkan sampah sampah yang berserahkan di area sungai. Dengan adanya sampah tersebut membuat sungai tidak terlihat indah lagi. Terdapat banyak sekali sampah plastik bekas sabun mandi, detergen dan botol (minuman kemasan).

Pada kegiatan tersebut dapat kita lakukan bersama warga untuk membersihkan sungai seminggu sekali, yang di adakan pada hari jumat atau sabtu. Dengan begitu sungai yang tadinya kotor dengan tumpukan sampah dan ranting pohon maka akan terlihat nyaman dan bersih. Serta ada manfaat lain jika kita menjaga sungai dan membersihkan sungai yaitu akan menjaga ekosistem sungai, meminimalisir terjadinya banjir, dan bisa di gunakan pula menjadi tempat wisata, serta akan tercukupi air besih untuk warga sekitar. 



0 komentar:

Posting Komentar